Logo

Limbah Hotel Santika Diduga Bikin Sumur Tercemar

bengkulu news.co.id – Warga yang bermukim di sekitar Hotel Santika di kawasan Kelurahan Sawah Lebar, Kota Bengkulu mengeluhkan sumurnya tercemar yang diduga disebabkan oleh limbah Hotel Santika Bengkulu.

Limbah ini menyebabkan air sumur warga menjadi tidak layak digunakan karena berminyak, berkarat dan berbau.

Dituturkan Nuraini, warga Jalan Jati IV RT 5 RW II Kelurahan Sawah Lebar, bahwa sumur miliknya tercemar sejak tiga bulan hotel tersebut beroperasi hingga sekarang.

“Sebelum ada hotel santika kami menggunakan air sumur yang kedalamannya hanya 6 meter ini untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ujar warga yang rumahnya sekitar satu meter dari tembok belakang Hotel Santika, Kamis(29/9).

Warga lainnya, Endang mengungkapkan,  bahwa pihak Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Bengkulu dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bengkulu pernah datang ke lokasi, kemudian petugas BLH mengambil sampel air sumur warga yang berdekatan dengan hotel.

 “Katanya untuk dilakukan tes laboratorium, tetapi sudah tiga bulan hasil lab belum juga disampaikan oleh BLH kepada warga, ” keluh Endang yang juga salah seorang warga yang air sumurnya diambil untuk dijadikan sampel.

Ia berharap pemerintah khususnya BLH segera memberikan hasil lab kepada warga dan serius untuk mencarikan solusinya.

“Semenjak air sumur kami tercemar limbah Hotel Santika biaya hidup kami meningkat. Karena harus bayar PDAM dan air isi ulang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, “ ujarnya kesal. (hjl)