Logo

Lima Rekomendasi Wisata Sungai yang Ada di Provinsi Bengkulu

Destinasi wisata sungai dapat menjadi salah satu wisata alam yang menarik untuk dikunjungi, suasananya yang asri berpadu dengan cantiknya alam terasa sangat menyenangkan dihabiskan untuk liburan. Wisatawan akan menghabiskan waktu menyusuri sungai sembari menikmati cantiknya alam.

Simak beberapa wisata sungai yang ada di Provinsi Bengkulu yang cocok buat refreshing weekend kalian.

Sungai Rindu Hati

Sungai Rindu Hati, KanalDesa.com

Desa Rindu Hati Kecamatan Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah ini merupakan salah satu desa wisata populer di Bengkulu. Pasalnya, lokasinya yang mudah diakses dari jalan lintas Bengkulu-Kepahiang serta pemandangan alam pedesaan yang masih asri membuat desa ini masuk dalam daftar objek wisata yang wajib dikunjungi.

Wisata yang menjadi populer di desa ini adalah sungai Rindu Hati, aliran sungai yang masih jernih membuat pengunjung bisa mandi sepuasnya di pinggir sungai atau atas batu, asyik juga buat foto-foto atau makan bersama keluarga dan orang-orang yang dicintai. Letak sungai berada satu arena dengan arena glamping, sehingga pengunjung bisa menikmati fasilitas glamping sambil menikmati juga keindahan sungainya.

Napal Jungur

Obyek wisata Napal Jungur. Foto, Indah/BN

Wisata Air Terjun Napal jungur ini terletak di Desa Napal Jungur, Kecamatan Lubuk Sandi, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu.

Airnya yang biru ke hijau-hijauan memberikan daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang berkunjung ke Wisata ini.

Sungai di desa Napal Jungur masih alami. Airnya masih sangat jernih. Alirannya kadang deras kadang pula melandai disaat tiba di dekat pemandian berupa pancuran yang sering juga disebut sebagai air terjun.

Meskipun air terjunnya tidak terlalu tinggi tapi aliran airnya cukup deras dan juga tempat pemandiannya tergolong cukup luas. Di sana juga bisa Selfie, dengan latar belakang air yang hijau kebiru-biruan akan menghiasi akun sosial media dan pasti membuat koleksi foto-foto kalian menarik menjadi bertambah.

Oh iya pada bagian hulu terdapat sebuah tempat terjun yang di buat untuk yang mau menguji adrenalin. seru deh pokoknya, pas banget nih jadi pilihan yang tepat melepas sejenak kepenatan bersama keluarga tercinta dengan mandi, bermain air, hingga ber-atraksi lompat dari bibir sungai ke arah bagian lubuknya.

Sungai Ngungup

Sungai Ngungup. wsato.id

Sungai Ngungup berada di Sekayun, kecamatan Bang Haji, Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu. Untuk sampai ke sungai ini, kalian yang datang dari Provinsi Bengkulu, maka kalian harus menempuh perjalanan sejauh 45 km dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.

Pemandangan alam yang masih alami ditumbuhi tanaman hijau yang berpadu dengan gemericik aliran sungai membuat liburan kalian menyenangkan. Kesegaran airnya cocok banget untuk kalian yang suka berenang, akan tetapi untuk kamu yang tidak terlalu pandai berenang disarankan tidak nekat menceburkan diri di sungai Ngungup. Karena ada beberapa bagian sungai yang cukup dalam, namun ada juga beberapa bagian yang cukup dangkal.

Di sini juga banyak spot foto, landscape yang menawan dan tentunya Instagramable, jadi jangan lupa siapkan kamera yang besar untuk berkunjung kesini.

Sungai Ngungup ini tidak seperti sungai pada umumnya, di bagian tepi sungai Ngungup terdapat banyak batu granit berwarna hitam yang berdiri secara rapi dan terlihat cukup kokoh. Kondisi sungai yang sedemikian rupa ini membuat banyak orang menyebutnya sebagai Green Canyon-nya Bengkulu

Air Sengak

Air Sengak. Tanjung Heran

Wisata air sengak terletak di Desa Tanjung Heran Kecamatan Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah, lokasi air terjun berjarak 1,5 kilometer dari tepi jalan raya, dapat dijangkau menggunakan kendaraan roda dua atau berjalan kaki.

Untuk masuk ke wisata air terjun pengunjung hanya dibebankan biaya keamanan dan kebersihan sebesar Rp5 ribu per motor.

Suasana di air sengak ini masih sangat asri dan alami dan disini lokasinya juga bersih. Sebelum sampai di lokasi air terjun, pengunjung disuguhi pemandangan persawahan yang indah serta pegunungan.

Sungai Air Berau

Sungai Air Berau ini berada di daerah Mukomuko Provinsi Bengkulu dan berlokasi di bantaran jalan Lintas Barat atau biasa disebut dengan jalinbar dan berjarak kurang lebih sekitar 30 kilometer dari Kota Mukomuko. Sungai ini cocok banget buat kalian pecinta arum jeram, karena memiliki air yang terbilang deras dan penuh dengan rintangan bebatuan alam yang terbilang cukup terjal.

Sungai ini juga memiliki air yang cukup jernih, di hulu sungai juga cukup banyak spesies ikan yang berkembang biak di lokasi ini. Jadi buat kalian yang berlibur kesini bisa melakukan kegiatan memacing maupun menangkap ikan sambil menikmati pemandangan sungai yang sangat indah.

Oh iya kalau kalian berlibur ke sini jangan lupa untuk membawa perlengkapan berlibur dan perbekalan seperti makanan dan minuman karena di lokasi ini masih terbilang cukup minim untuk saung atau rumah-rumah makan. Bagi anda yang ingin mencoba arung jeram atau sekedar memancing, di lokasi ini juga telah terdapat tempat penyewaan untuk arung jeram ataupun memancing

Sungai Trokon

Sungai Trokon

Sungai trokon sendiri menjadi salah satu wisata sungai yang menjadi andalan saat weekend bersama keluarga. Sungainya dangkal dengan bebatuan dan air yang lumayan deras serta dingin.

Di sana juga terdapat bendungan air Musi Kejalo yang tentunya sengaja dibuat untuk bisa mengairi sawah penduduk desa.

Sungai yang berarus cukup tenang hingga deras diatur sedemikian rupa oleh pengelola. Sehingga terdapat area yang berarus tenang dan area yang berarus deras, dan biasanya sungai ini disebut dengan titik nol sungai musi.

Tiket masuk ke wisata ini kalian hanya dikenakan biaya sekitar Rp10.000 saja. Di lokasi wisata juga ada penjual makanan apabila kalian lupa membawa bekal dari rumah.

Objek wisata yang menjadi andalan di Kabupaten Rejang Lebong ini cukup mengesankan. Penataan kawasan wisata yang bersih, rapi dan sangat tertata membuat kalian nyaman liburan di sini serta pemandangan di sekililingnya membuat mata enak memandang.

  • Andi Suherman

    Saya sebagai orang daerah Bengkulu Utara khususnya argamakmur kecewa dengan postingan di media ini.. padahal di argamakmur banyak juga sungai sungai besar yg pemandangan nya elok dan indah, dan sepertinya penulis berita ini baru tau Bengkulu cuma sebatas benteng dan Seluma alias mainnya nggak terlalu jauh dan jarang pulang pagi