Logo

Lebaran Jangan Asal Hantam, Ini Tips Makan Sehat Bagi Penderita Kolesterol

Idulfitri merupakan hari perayaan umat muslim, setelah sebulan penuh menjalani puasa. Tentunya Viewers sudah mempersiapkan segala jenis makanan, untuk disajikan pada hari raya ya. Seperti rendang, opor ayam, dan makanan santan dan berlemak lainnya.

Nah, bagi Viewers yang memiliki riwayat kolesterol, asam urat dan darah tinggi harus memperhatikan betul jenis makanan yang akan dikonsumsi ya.

Kali ini mimin akan membagikan tips menjaga pola makan saat idulfitri, bersama dr. Fenny Santoso yang merupakan salah satu dokter HalloDok.

Menurutnya Viewers tentunya boleh menikmati makanan yang mengandung lemak, namun bagi Viewers yang memiliki riwayat darah tinggi dan kolestrol harus membatasi makanan tersebut.

Dengan cara membagi jam makan Viewers ya, misal saat pagi hari Viewers dapat menikmati makanan berlemak seperti rendang dan di siang hari Viewers dapat menikmati opor ayam.

Namun jika Viewers menikmati makanan berlemak tersebut dengan jam yang sama, maka Viewers yang memiliki riwayat kolestrol, asam urat dan darah tinggi ini akan mengalami resiko hingga ke jantung.

Pastinya bagi Viewers yang memiliki riwayat tersebut, akan merasakan nyeri pada punduk leher. Jika Viewers mengalami kejadian tersebut, tidak usah panik ya Viewers dapat melakukan pertolongan pertama dengan banyak minum air putih dan meminum obat Paracetamol untuk meredakan nyeri.

Bagi Viewers yang ingin menjaga tubuh, agar kolestrol dan darah tinggi tidak berlebih Viewers cukup melakukan tips berikut :

  1. Berhenti mengkonsumsi makanan berlemak atau tinggi kolestrol
  2. Mengkonsumsi sayuran sehingga dapaat menyeimbangi lemak dan protein
  3. Minum air yang banyak
  4. Melakukan olahraga 2 atau 3 kali dalam seminggu, untuk membakar lemak
  5. Lakukan pengecekan dalam tiga bulan sekali, namun bagi Viewers yang memiliki riwayat tersebut dapat melakukan pengecekan satu kali setiap bulan.

Itu dia tips dari dr.Fenny Santoso dan juga mimin, ingat ya Viewers. Mengkonsumsi makanan tentunya merupakan kebutuhan tubuh kita, namun jangan berlebih dan juga jangan kekurangan. Karena, sesuatu yang berlebih tidaklah baik.