Logo

Lahan Pemakaman Ini Ingin Dijadikan Kebun Sawit

SELUMA, bengkulunews.co.id – Warga Kelurahan Talang Saling, Kecamatan Seluma Kota merasa resah, karena lahan yang biasa dijadikan tempat pemakaman akan beralih menjadi perkebunan kelapa sawit.

Rencana pengalihan fungsi tersebut diungkapkan oleh salah seorang warga yang mengaku sebagai ahli waris dari pemilik lahan pemakaman.

Saat ini di lokasi juga telah dipasang pengumuman, agar tidak ada lagi pembuatan pemakaman baru.

“Telah juga disampaikan secara resmi pada kelurahan, agar dapat mensosialisasikan dan melarang warga untuk tidak lagi ada pemakaman baru,” kata Ketua RT 4 Kel. Talang Saling, Zizwan Efendi, Kamis (11/10/2017).

Dia menjelaskan lahan tanah seluas setengah hektar lebih tersebut merupakan tanah wakaf, dan telah lama diserahkan kepada warga untuk areal pemakaman.

Tetapi bukti legalitas wakaf sendiri tidak dimiliki oleh pihak kelurahan dan para tokoh masyarakat yang dianggap mengetahui asal tanah juga telah tiada.

“Yang pasti diareal makam ada kuburan puyang tiga saudara, dimana merupakan leluhur warga Talang Sali. Sehingga dapat dipastikan sudah puluhan tahun lahan diwakafkan,” tutur Zizwan.

Pihak kelurahan sendiri sudah berinisiatif mencari solusi dengan mengundang rapat antara ahli waris dan warga.

Dan diusulkan agar lahan itu dibeli warga saja, tetapi rencana tersebut tetap ditolak oleh ahli waris.

“Sempat tercetus agar membeli lahan ditempat lain dengan iuran Rp.50 ribu per KK, tetapi hingga sekarang belum berjalan, sebab kondisi ekonomi warga tidak semuanya mampu,” tutup Zizwan.