Kucing Maine Coon jadi Korban Pencurian, Emang Berapa Sih Harganya?

Jadi Salah Satu Ras Kucing Terbesar, Rawat Kucing Maine Coon dengan Pola Makan Tepat. ©2021 Merdeka.com

Siapa di sini pecinta kucing? Anda tentunya tahu ya jika kucing merupakan peliharaan yang manja. Sama halnya dengan anjing, kucing memiliki banyak jenisnya, seperti Kucing jenis Persia, Bengal, Siam dan masih banyak lagi.

Salah satunya ada kucing Maine Coon yang memiliki keindahan pada bulunya. Kucing ini memiliki banyak penggemar loh. Si imut ini juga memiliki harga jual yang tinggi, wah kenapa ya bisa begitu. Mari kita mengenal jenis kucing ini lebih detail.

Kucing Maine Coon merupakan keturunan dari kucing spesies terbesar, Kucing ini dibawa pertama kali oleh orang Viking ke Merika Utara sebelum Columbus melakukan pelayaran. Namun ada pendapat lain yang mengatakan bahwa kucing ini merupakan jenis Maria Antoniette karena memiliki bulu Panjang dan dikirim ke Amerika.

Kucing ini pertama kali ditemukan pada tahun 1861, Bernama Captain Jenks Of The Horse Marines dengan bulunya yang hitam dan putih. Lalu pada tahun 1895 terdapat kucing maine coon betina bernama Best Cat dan pernah mengikuti acara kucing di Madison Squre Garden.

Dalam organisasi Cat Fanciers Association kucing Maine Coon menjadi kucing kelima pada tahun 1908, sehingga menjadi kucing popular di Britania Raya sebelum munculnya jenis kucing Persia dan Siamase.

Kucing Maine Coon memiliki kriteria sebagai berikut :

1. Bentuk Tubuh

Bentuk tubuh kucing ini tergolong besar dan memiliki tinggi mencapai satu meter, dengan tubuh tinggi kucing ini mempunyai bentuk tulang kuat serta besar yang dapat menopang tubuhnya. Panjang kucing ini mencapai 121 cm dari ujung kepala hingga ekor, untuk berat biasanya kucing jantan memiliki berat sebesar enam sampai Sembilan kilogram dan betina antara empat sampai enam kilogram.

2. Wajah

Wajah kucing ini hampir mirip dengan singa, dengan telinga yang runcing, besar dan bulu yang banyak. Selain itu, tulang pipi kucing maine coon berbentuk oval dan cukup lebar. Sedangkan bentuk dahi yang melengkung dan mata yang besar.

3. Ekor

Kucing Maine Coon memiliki ekor yang Panjang, juga berbentuk runcing hingga ujung. Dengan bulu lebat, Panjang dan mekar seperti kemonceng.

Kucing ini memiliki sifat yang aktif dan lincah, tidak hanya itu Kucing ini suka bermain di air. Serta mandiri, tidak seperti kucing lain, untuk harga kucing ini dapat menguras kantong ya. Berdasarkan usia, jenis, bentuk, dan ukuran.

Harga Pedigree untuk kitten Maine Coon sekitar Rp12 juta sampai Rp15 juta. Sedangkan kucing dewasa bersertifikasi rentang harga Rp 10 juta sampai Rp 20 juta. Pedigree adalah sertifikasi yang diakui secara resmi oleh organisasi kucing nasional dan internasional.

Sertifikasi ini penting untuk melestarikan suatu kucing ras dan menghindari terjadinya kawin silang antar ras. Ras kucing yang memiliki sertifikasi ini biasanya mengikuti kontes kucing.

Untuk merawat kucing Maine Coon, Anda dapat mengikuti beberapa Langkah berikut :

  1. Perhatikan Asupan makanan dengan nutrisi yang baik, karena memiliki tubuh besar Anda perlu memenuhi asupan nutrisi protein, karbohidrat, lemak, asam lemak, asam amino, mineral, dan vitamin. Untuk kucing maine coon yang masih kecil Anda dapat memberikan asupan protein sebanyak 30 persen sampai 40 persen untuk membantu pertumbuhannya. Sedanggkan kucing dewasa sebesar 26 persen sampai 40 persen protein.
  2. Sisir bulu kucing setiap hari agar bulu yang sudah mati terbuang, tidak hanya itu menyisir secara rutin membantu peredaran darah dan membuat tubuh kucing jadi rileks.
  3. Mandikan kucing secara teratur setiap minggu dan gunakan sampo khusus kucing untuk merawat bulunya agar tetap halus dan lembut. Berikan vitamin bulu untuk pertumbuhannya.
  4. Mersihkan kendang setiap minggu, usahakan untuk meletakkan kendang ditempat yang kering agar terhindar dari pertumbuhan jamur jika diletakkan didaerah lembap.
  5. Bersihkan bak kotoran kucing secara rutin, setelah kucing buang air agar pasir tidak mudah bau. Jangan lupa membersihkan pasir dan menjemurnya agar tetap kering serta bersih.
  6. Berikan Vaksinasi untuk meningkatkan daya tubuh kucing, sejak berusia delapan minggu kucing sudah bisa diberi vaksin. Untuk kekebalan tubuhnya yang masih lemak.
  7. Anda bisa melakukan cek kesehatan pada dokter hewan secara berskala, jika kondisi kucing sedang tidak membaik. Atau periksakan kucing setiap bulan ataupun tahun. Sesuai waktu dan biaya Anda.

Baca Juga : Buruh Harian Ditangkap Polisi Usai Curi Kucing Warga Bumi Ayu

Baca Juga
Tinggalkan komen