Logo

Kota Bengkulu Buka Seleksi Paskibra, Nilai Tertinggi Dikirim ke Nasional

BENGKULU – Pemerintah Kota Bengkulu membuka pendaftaran seleksi Pasukan Pengibar Bendera 2024. Pendaftaran dibuka mulai 19 hingga 29 Februari. Siswa yang ingin mendaftar bisa mengakses situs web https://paskibraka.bpip.go.id untuk terlebih dahulu mengunggah dokumen persyaratan.

Plt Kepala Kesbangpol Fenny Fahrianny menyampaikan, seleksi dilakukan secara berjenjang, sesuai arahan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Setelah melewati tahapan administrasi, peserta menjalani Tes Wawasan Kebangasaan melalui Computer Assisted Test (CAT).

Para pendaftar diminta lebih cermat dan teliti ketika mengunggah dokumen pendaftaran. Sebab, jika ada berkas yang terlewat, pendaftar dinyatakan gugur dalam seleksi administrasi.

“Di tahun ini, setelah dinyatakan lolos tahapan administrasi, para peserta terlebih dahulu akan mengikuti Tes Wawasan Kebangasaan melalui sistem CAT. Selanjutnya akan mengikuti tahapan selanjutnya, seperti tes fisik dan sebagainya,” jelasnya.

Pada tahap akhir akan dipilih melalui sistem perangkingan 30 orang (15 pasang putra dan putri) yang akan bertugas di Pemkot Bengkulu dan 10 orang (5 pasang) akan bertugas di Pemprov Bengkulu.

Sedangkan untuk Paskibraka tingkat Nasional akan diseleksi di Provinsi Bengkulu dan yang mendapatkan nilai tertinggi akan dikirim ke Nasional sebanyak 6 orang (3 pasang).