Logo

Karya Pelukis Bengkulu Dibeli Putra Mantan Presiden RI Rp 100 Juta

BENGKULU – Karya pelukis Bengkulu, Yuni Darlena menjadi salah satu lukisan yang dibeli oleh putra mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhiyono, Edhie Baskoro Yudhoyono. Karya itu tampil di Malam Kebudayaan dan Sesi Lelang Merajut Persatuan di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Kamis (24/8).

Lukisan karya Yuni itu diberi judul ‘Tanah Lot’. Lukisan itu menampilkan pemandangan sebuah pura suci di atas karang, persis seperti pemandangan yang ada di Bali. Di sekitarnya tampak deburan ombak berwarna biru.

Perempuan yang akrab disapa Yuni Daud ini mengatakan, lukisan itu bercerita keindahan alam dan bentuk syukur manusia atas karunia tuhan. Ia mengaku menyelesaikannya dalam satu bulan.

“Bercerita tentang keindahan alam dan rasa syukur,” ucap Yuni pada bengkulunews.co.id, Sabtu (26/08/2023).

Tidak hanya lukisan Yuni, Ibas juga membeli karya Nasirun yang diberi judul “Ibu Bumi”. Dua lukisan ini dilelang bersama tiga lukisan lain dalam acara yang diinisiasi Jogja Disability Arts dan Yayasan Urun Daya Kota tersebut. Seluruh dana yang didapat hasil lelang disumbangkan ke Jogya Disability Art dan Yayasan Urun Daya.

SBY sendiri turut menyumbangkan karyanya berupa lukisan alam, pemandangan sawah dan pegunungan dengan suasana pagi hari yang masih diselimuti kabut.

Menurut Ibas dua lukisan yang ia beli merupakan hasil karya yang membanggakan. Apalagi, katanya, lukisan ‘Tanah Lot’ dibuat oleh Yuni Daud yang merupakan penyandang disabilitas.

“Dua lukisan ini adalah hasil karya yang tidak ternilai. Yang satu lukisan karya pelukis ternama, satu lagi adalah lukisan karya seorang seniman disabilitas. Saya sangat bangga dengan para seniman yang tidak pernah berhenti berkarya walaupun dihadapkan dengan keterbatasan apa pun. Semoga ini bisa menjadi inspirasi bagi teman-teman yang lain,” tutur Ibas dikutip RM.id.