Logo

Kapolda Bengkulu Pastikan Kesiapan Pengamanan Lebaran

Rejang Lebong – Kapolda Bengkulu Brigjen. Pol. Supratman, Rabu (29/5/2019) meninjau sejumlah Pos Pengaman (Pospam) dan Pos Pelayanan (Posyan) di jalur mudik wilayah Kabupaten Rejang Lebong, guna memastikan pengamanan lebaran, .

Kapolda mengatakan Polisi bersama TNI dan unsur lainnya telah siap memberikan keamanan pemudik. Namun, kata Kapolda, jangan sampai karena ada jaminan masyarakat memancing kejahatan seperti menggunakan perhiasan berlebihan.

“Minimal terlebih dahulu, masyarakat bisa menjadi Polisi bagi dirinya sendiri. Jika ada potensi gangguan keamanan segera berkoordinasi dengan petugas terdekat,” pungkas Kapolda.

Kapolda menambahkan pengamanan Lebaran Idul Fitri di wilayah hukum Polda Bengkulu yang merupakan bagian dari Operasi Ketupat Nala 2019, telah mendirikan 38 pos terdiri dari 16 Posyan dan 22 Pospam tersebar di 10 kabupaten/kota.

“Pengamanan lebaran 2019 ini difokuskan pada kewaspadaan bencana alam. Seperti di Kabupaten Bengkulu Tengah ada potensi longsor diwilayah Taba Pananjung, sehingga Pospamnya digeser mendekati titik longsor lengkap dengan alat beratnya, sehingga jika terjadi longsor dapat segera diatasi,” imbuhnya.

Menurut Kapolda, kepadatan diperkirakan pada tahun ini terjadi pada H+1 dan H+2 lebaran, terutama pada lokasi-lokasi wisata. Untuk arus mudik, lanjut Kapolda, dimungkinkan intensitasnya berkurang.

Dia juga mengatakan, tidak ada pengamanan khusus untuk wilayah Kabupaten Rejang Lebong. Awalnya pengamanan ekstra di wilayah Lembak, tetapi saat ini, menurut Kapolda, situasi sudah aman. Pengamanan sudah berlapis dan ada Pos Kontainer yang saat ini sudah dijadikan pos tetap, serta dalam waktu dekat akan ada pendirian Polsek Binduriang.

“Ancaman kejahatan yang diperkirakan akan terjadi pada saat liburan lebaran yaitu Curanmor dan Curas, pada daerah tertentu tetapi sudah diwaspadai para anggota untuk pencegahanya,” tutup Kapolda.

Penulis : Dedi Rasyid