Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Kakanwil Kemenkumham Bengkulu Berikan Penghargaan Daerah Peduli HAM

Kakanwil Kemenkumham Bengkulu Berikan Penghargaan Daerah Peduli HAM

BENGKULU – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bengkulu, Santosa menyerahkan penghargaan Kabupaten/Kota Peduli HAM Provinsi Bengkulu dalam rangka Peringatan Hari Hak Asasi Manusia sedunia ke-75 di Aula Soekarno Kanwil Kemenkumham Bengkulu, Selasa (19/12/2023).

Berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor M.HH-03.HA.02.01.01 Tahun 2023 Tanggal 15 November 2023 tentang Penetapan Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia Pada Tahun 2023.

Terdapat 2 Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu penerima penghargaan Peduli HAM yaitu Kota Bengkulu dan Kabupaten Bengkulu Selatan. Piagam diserahkan langsung Kakanwil, Santosa kepada Penjabat (PJ) Walikota Bengkulu, Arif Gunadi dan Bupati Bengkulu Selatan yang diwakili oleh Asisten I Setda Kabupaten Bengkulu Selatan, Isran Kasiri.

Dalam sambutannya Kakanwil Bangkulu Santosa mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang ikut berpartisipasi dalam Kegiatan Kabupaten/Kota Peduli HAM sebagai usaha untuk melaksanakan penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan HAM di Provinsi Bengkulu.

Sejalan dengan sambutan Menteri Hukum dan HAM, Bapak Prof.Yassona Laoly pada Hari HAM Sedunia ke 75 tanggal 10 Desember lalu di Jakarta yang menyampaikan pentingnya mempromosikan keharmonisan dalam keberagaman berarti memerangi diskriminasi, prasangka, intoleransi, dan ketidaksetaraan.

Tema Hari HAM Ke-75 yaitu Harmoni dalam keberagaman” menjadi pengingat akan pentingnya mengakui, menghormati, dan merayakan beragaman Indonesia yang berlimpah. Mempromosikan keharmonisan dalam keberagaman berarti memerangi diskriminasi, prasangka, intoleransi, dan ketidaksetaraan.

Kanwil Kemenkumham Bengkulu memohon dukungan dan dorongan serta motivasi dalam pembentukan desa/kelurahan sadar hukum di Wilayah Provinsi Bengkulu.

“Semoga pada periode yang akan datang semakin banyak daerah yang mendapatkan Kabupaten/Kota Peduli HAM serta sinergitas dan kolaborasi antara Kanwil Kemenkumham Bengkulu dengan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota dapat terus terjalin terus dengan baik. Akhir kata, selamat kepada Bupati/Walikota penerima Penghargaan Kabupaten/Kota Peduli HAM hendaklah semangat kita dalam penegakan hak asasi manusia tidak surut untuk Provinsi Bengkulu yang Harmoni dalam Keberagaman,” tutup Santosa.

Baca Juga
Tinggalkan komen