Logo

Jelang Idul Adha, Penjualan Ternak Kambing Lesu

BENGKULU – Menjelang hari raya Idul Adha 1944 Hijriah tahun 2023, penjualan hewan kurban biasanya meningkat drastis dibandingkan hari biasanya.

Namun berbeda halnya dengan Dardiri, peternak hewan kambing di Kecamatan Sungai Rupat, Kota Bengkulu. Dua pekan menjelang lebaran Idul Adha, ternak kambing miliknya baru terjual sekitar 40 ekor lebih yang laku.

Hal ini berbeda jauh jika dibandingkan tahun kemarin. Dua minggu menjelang hari raya Idul Adha, ternak kambingnya sudah lebih dari seratus ekor terjual.

“Saat ini memang belum ada peningkatan. Saat ini baru 40an ekor yang sudah laku terjual. Jika dibandingkan tahun kemarin lebih kencang. Tahun kemarin sudah seratus ekor kambing yang terjual,” katanya, Selasa (13/06/2023).

Dardiri tidak mengetahui pasti penyebab menurunnya penjualan tersebut. Menurut dia, kemungkinan perekonomian masyarakat yang sedang menurun saat ini.

Namun, lanjut Dardiri, tidak menutup kemungkinan, penjualan akan meningkat sekitar sepuluh atau lima hari jelang hari raya Idul Adha nanti.

“Untuk kurban kambing biasanya sepuluh hari menjelang hari H banyak yang beli,” tambahnya

Sementara itu, diakui Dardiri, hewan ternak kambing miliknya bebas dari penyakit. Hal itu dibuktikan dengan adanya sertifikat sehat dari Dinas Peternakan Provinsi Bengkulu yang sudah melakukan pengecekkan beberapa hari yang lalu ke kandang miliknya.