Logo

Jangan Panik, Sering Gempa Kecil Itu Bagus, Ini Alasannya

BENGKULU – Kasi data dan informasi BMKG stasiun klimatologi I Bengkulu, Anang Anwar menjelaskan penyebab terjadinya gempa di wilayah Bengkulu.

Gempa tersebut disebabkan adanya aktivitas subduksi lempeng Indo – Australia yang masuk kebawah lempeng Eurasia tepatnya pada zona Megathrust.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan, bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault) akibat aktivitas subduksi,” kata Anang pada Bengkulunews.co.id Kamis (25/08/22) siang.

Ia juga menegaskan gempa yang saat ini sering mengguncang Bengkulu dan sekitarnya merupakan hal yang bagus, karena itu menunjukkan adanya pelepasan energi dari dalam bumi dan mengurangi terjadinya gempa bumi dengan skala besar.

“Karena dengan sering terjadinya gempa di suatu tempat, maka peluang terjadinya gempa dengan skala besar akan semakin kecil,” sambungnya.

Walaupun gempa dengan skala kecil sering terjadi dan tidak berpotensi tsunami, Anwar mengimbau masyarakat tetap tenang dan hati-hati.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda Kembali kerumah,” demikian Anang.