Logo

Hari Paskah Identik dengan Telur, Ini Penjelasannya

Paskah merupakan hari dimana umat Kristen memperingati kebangkitan Yesus Kristus (Isa almasih), tentunya dihari ini anak-anak sekolah minggu akan mengadakan kegiatan mencari dan mewarnai telur. Kenapa ya Paskah identik dengan Telur?

Ketua OMK (Orang Muda Katolik) Gereja ST. Yohanes Yosep, mengatakan Telur merupakan simbol kehidupan baru. Dimana dihari ketiga Yesus bangkit dari maut dan mengalahkan maut, sedangkan melukis telur Paskah merupakan tradisi yang konon sangat disukai di gereja Ortodoks dan Katolik Timur, di mana telur diwarnai merah untuk mewakili darah Yesus Kristus yang ditumpahkan di kayu salib.

Di Mesir sendiri telur dikuburkan di dalam kuburan mereka, sedangkan bangsa Yunani meletakkan telur di atas kuburan mereka. Hal ini menyebabkan, gereja-gereja mulai merayakan hari kebangkitan Yesus Kristus dengan simbol telur.

Tidak hanya Telur, hari Paskah juga identik dengan Kelinci. Digunakan karena kelinci beranak sangat banyak pada permulaan musim semi, ketika agama Kristen menyebar di seluruh Eropa, perayaan tersebut digabungkan dengan peringatan kebangkitan Kristus. Kelinci dan telur pun mulai digunakan untuk melambangkan Paskah loh Viewers.

Jadi telur paskah merupakan, tradisi juga simbol yang sudah ada sejak dulu yang kegiatannya dilakukan turun temurun hingga kini. Dan merupakan bagian dari Paskah yang tidak bisa dipisahkan.

Nah sebelum telur diwarnai, biasanya telur direbus terlebih dahulu. Setelah itu anak-anak bisa mewarnai telur dan menghiasnya, atau telur disembunyikan agar nantinya anak-anak dapat mencari telur tersebut. Kegiatan ini juga membuat anak-anak, dapat bercengkraman satu sama lain.

Nah itulah mengapa ada namanya Telur paskah pada hari paskah ya Viewers, kematian dan kebangkitan-NYA pada hari ke tiga membuktikan bahwa DIA sudah menebus serta mengalahkan maut. Lewat pengorbanan-NYA kita memiliki kehidupan baru. Semoga damai dan suka cita selalu menyertai kita semua, Happy Good Friday (Jum’at Agung) bagi yang merayakan. GBU.