Logo
Dempo Xler

Harga Telur dan Ayam Naik Turun, Pedagang Pasrah

Pedagang Ayam di Pasar Minggu. Foto, Cindy/BN

Pedagang Ayam di Pasar Minggu. Foto, Cindy/BN

BENGKULU – Salah satu pedagang telur di Pasar Minggu, Agus (48) mengatakan harga telur saat ini mengalami kenaikan. Untuk harga telur kecil sekarpet turun dari Rp50 ribu menjadi Rp45 sampai Rp46 ribu, sedangkan untuk harga telur besar dari Rp52 ribu menjadi Rp50 ribu.

Dengan harga saat ini Ia dapat menjual 50 sampai 60 karpet telur seharinya, walaupun begitu Agus mengaku kondisi pembeli saat ini menurun.

“Kondisi sekarang agak kendor, pengaruhnya banyak. Tapi yang paling berpengaruh itu BBM karena transport sama harga pakan,” kata Agus pada Bengkulunews.co.id Kamis (29/09/22) siang.

Untuk stok sendiri Ia mengaku menghitung dengan detail, dilihat dari kondisi penjualan perharinya. Agar stok tidak berlebih, karena telur tidak bisa bertahan terlalu lama.

Di sisi lain harga ayam mengalami kenaikan, salah satu penjual daging ayam dan sayur mayur Ibnu (50) menuturkan kenaikan ini baru dimulai pada hari ini.

Harga ayam dari Rp28 ribu perkilogramnya naik menjadi Rp30 ribu perkilogramnya, sama seperti Agus dagangan Ibnu juga mengalami penurunan.

Jika biasanya Ia dapat menjual 100 ekor sehari, kini Ibnu hanya menjual 70 ekor saja. Kenaikan tersebut menurutnya tidak dapat diprediksi, karena selalu mengalami kenaikan dan penurun setiap minggunya.

“Kadang sehari naik, sehari turun. Tidak bisa dihitungkanlah, bingung jugakan kita sebagai pedagang pasrah ajalah,” demikian Ibnu.