Gunung Tertinggi di Indonesia dan Sejarah Peringatan Hari Gunung Internasional

Gunung Tertinggi di Indonesia dan Sejarah Peringatan Hari Gunung Internasional

Fakta tentang gunung tertinggi di Indonesia. Sumber : katalogwisata

Sejarah peringatan Hari Gunung Internasional bermula saat PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) melakukan kegiatan lingkungan dan pembangunan pada tahun 1992. Pada saat itu PBB melihat bahwa perhatian masyarakat terhadap gunung mulai meningkat. PBB mulai menyatakan hari itu sebagai tahun pegunungan internasional setelah 10 tahun setelahah itu.

Peringatan tersebut secara resmi disahkan PBB, tepat pada 11 Desember 2003, dengan tujuan menciptakan kesadaran tentang pentingnya gunung bagi kehidupan manusia. Tujuan lainnya adalah untuk menyoroti peluang dan kendala dalam pengembangan gunung, terkhusus pembangunan aliansi yang membawa perubahan positif bagi lingkungan.

Hingga saat ini peringatan Hari Gunung Internasional masih dilakukan. Lantas gunung tertinggi apa saja yang ada di Indonesia?

1. Puncak Jaya Wijaya

Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 4.884 meter dan masuk dalam deretan salah satu gunung tertinggi di dunia. Terkenal dengan sebutan Carstensz Pyramid, gunung ini terletak di Provinsi Papua. Selain itu gunung ini merupakan gunung kapur terbesar di Indonesia, karena tingginya di puncak gunung terdapat salju abadi.

2. Gunung Kerinci

Gunung berapi tertinggi ini terletak di Pulau Sumatera, yakni perbatasan antara Kerinci Provinsi Jambi dengan Provinsi Sumatera Barat, Kabupaten Solok Selatan. Serta memiliki ketinggilan mencapai 3.805 mdpl (Meter di atas permukaan laut).

3. Gunung Rinjani

Pada urutan ketiga terdapat gunung Rinjani yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Tingginya yang mencapai 3.762 meter, menjadi gunung tertinggi yang populer dan banyak mengundang pendaki. Pendaki akan dimanjakan oleh pemandangan yang indah, dengan hutan tropis dan padang rumput yang luas. Gunung ini juga masuk dalam bagian Taman Nasional Gunung Rinjani dengan luas 41.330 hektar.

4. Gunung Semeru

Gunung ini meniliki ketinggian 3.676 meter, dengan bagian puncak tertingginya yang dikenal sebagai sebutan Mahameru. Gunung tertinggi di Pulau Jawa ini rupanya termasuk dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

5. Gunung Sanggar

Sanggar memang tidak sepopuler gunung lainnya, namun keindahan alam ini memiliki ketinggian mencapai 3.564 meter. Gunung ini menjadi gunung tertinggi ke lima di Indonesia, berlokasi di Nusa Tenggara Barat.

Penulis : Cindy

Baca Juga
Tinggalkan komen