Logo
Dempo Xler

Gubernur Bengkulu Pakai Besurek Jahitan Lokal, Tampil di Istana

Gubernur Bengkulu mengenakan Batik Basurek. MC

Gubernur Bengkulu mengenakan Batik Basurek. MC

Sambut Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober, event Istana Berbatik digelar di depan Istana Merdeka Jakarta pada Minggu malam (1 Oktober 2023). Tak kurang 500 peserta menampilkan busana batik terbaik se-Indonesia, mulai dari pejabat negara, public figur, gubernur beserta istri, hingga para duta besar.

Dari Bengkulu, Gubernur Rohidin Mersyah hadir bersama istri menampilkan Kain Besurek, Batik khas Bengkulu. Rohidin membeberkan kebanggaannya bisa bergabung pada event tersebut. Alasannya, bisa turut menunjukkan Indonesia kaya akan warisan budaya, dan batik merupakan warisan asli Indonesia yang telah diakui Unesco sebagai warisan budaya tak benda sejak 2009.

“Kita tentu bersyukur miliki Kain Besurek, elegan, karakternya kuat sekali dan miliki keunikan tersendiri. Kita bangga bahwa Kain Besurek turut memperkaya khasanah Batik Nasional yang diakui secara internasional,” ucap Rohidin usai pergelaran Istana Berbatik.

Gubernur Bengkulu mengenakan Batik Basurek. MC

Selain ungkap kebanggaan, Rohidin juga berharap industri kreatif dan UMKM di Bengkulu semakin bertumbuh serta mampu mengikuti perkembangan, baik pada kualitas produk maupun jejaring pasarnya. Saat itu, Rohidin dan Derta mengenakan Kain Besurek yang dijahit oleh pelaku usaha lokal serta didesain oleh perajin Bengkulu.

“Desain Besurek ini khas, corak Bunga Rafflesia kemudian dikombinasi dengan kaligrafi tanpa makna, inikan karakternya benar-benar kuat dan unik. Semoga industri kreatif di Bengkulu terus berkembang,” tuturnya.

Untuk diketahui, Istana Berbatik dibuka resmi oleh Presiden Joko Widodo. Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan Indonesia patut bersyukur miliki batik. Pasalnya, batik bukan hanya karya seni biasa namun sudah menjadi warisan budaya tak benda.