Fungsi Dekranasda, Tempat Lihat Semua Produk UMKM Bengkulu

Produk yang ada di Dekranasda Bengkulu. BN

BENGKULU – Petugas Dinas Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bengkulu , Ucy Aryani menjelaskan terbentuknya dinas ini adalah untuk menampung seluruh hasil produk dari UMKM yang ada di seluruh Provinsi Bengkulu.

Tujuan dan fungsinya untuk memperkenalkan kerajinan dari Provinsi Bengkulu, kepada wisatawan asing maupun lokal yang datang.

“Wisatawan asing yang datang, bisa mengenal produk-produk hasil dari provinsi Bengkulu,” kata Ucy pada Bengkulunews.co.id Rabu (23/11/22) siang.

Ia menuturkan setidaknya ada 25 UMKM dari 9 Kabupaten yang menitipkan produknya di Dekranasda. Para wisatawan tidak hanya melihat, tetapi juga bisa langsung membeli produk UMKM yang tersedia.

Produk UMKM yang terpajang beraneka ragam, mulai dari kain batik, baju batik, bros baju, furniture, tas dari kulit lantung, topi, kotak tisu, meja set dan masih banyak lagi. Harganya mulai dari Rp15 ribu hingga Rp5 juta. Untuk meja dan kursi yang terbuat dari kayu bisa dibeli satuan.

Selain produk UMKM, Dekranasda juga menerima kerajinan dari anak binaan Kemenkumham berupa taplak meja rajut. Kerajinan ini dikerjakan oleh Lapas Anak dan Lapas Perempuan, sehingga masyarakat dapat melihat hasil karya mereka.

Bagi pemilik UMKM yang produknya ingin dipromosikan, bisa langsung datang ke Gedung Dekarnasda atau ke Dinas perindustrian dan Perdaganagn Provinsi Bengkulu.

“Nanti setelah di Disperindag bisa langsung ke bidang Industri Kecil dan Menengah (IKM), untuk mendaftar,” jelasnya.

UMKM nantinya akan dicek untuk kualitas produk serta kelengkapan barang, terlebih bagi pelaku usaha makanan harus memiliki izin BPOM.

Produk yang dititipkan memiliki masa pengembalian kepada UMKM, sesuai dengan perjanjian. Sedangkan jika ditemukan barang yang rusak akan diretur kepada pelaku UMKM langsung. Dekranasda buka setiap hari Senin hingga Jum’at, pukul 08.00 pagi sampai pukul 17.00 wib.

Ucy berharap kedepannya produk UMKM yang ada, dapat dikenal oleh seluruh masyarakat se Indonesia.

“Pesan untuk UMKM Bengkulu, semangat berkarya agar Provinsi kita bisa terkenal oleh masyarakat luas,” demikian Ucy.

Baca Juga
Tinggalkan komen