Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Film ‘Tanah Air Kedua’ Menampilkan Kim Bum, Peringatan Kerja Sama RI dan Korsel

Media sosial tengah dihebohkan dengan kehadiran Kim Bum baru-baru ini di Indonesia. Kabarnya kehadiran Kim Bum adalah untuk menggarap film ‘Tanah Air Kedua’, sejarah dari pemuda Korea Selatan yang membantu masyarakat Indonesia dalam meraih kemerdekaan. Juga perihal romansa Yang Chil Sung dengan gadis garut bernama Lience Wenas.

Sayangnya setelah Indonesia Merdeka, Yang Chil Sung beserta temannya merasa cemas karena takut dianggap sebagai penjahat perang oleh pasukan sekutu.

Setelah pasca perang pihak Belanda berusaha kembali ingin menduduki Indonesia, mereka juga mencari para tentara Jepang yanb didalamnya berisikan Yang Chil Sung dan  teman-temannya. Dikutip dari laman Seoul National University Asia Center, ketika dalam masa sulit, Yang Chil Seong tidak bisa kembali ke tanah airnya.

Karena rasa solidaritas tinggi sesama rakyat terjajah, Ia memilih bergabung dalam pasukan gerilya untuk mempertahankan pasca kemerdekaan Indonesia. Sayangnya mereka terlibat pertempuran dengan pasukan Indonesia.

Yakni Pasukan Pangeran Papak di bawah Mayor SM Kosasih di Majalaya, Jawa Barat. Kemudian mereka ditangkap sebagai tawanan perang usai bentrok bersenjata sekitar Maret 1946 di Bandung selatan.

Film tersebut juga merupakan peringatan hubungan bilateral antara Pemerintah RI dengan Korea Selatan yang ke-50 tahun. Sedangkan untuk loksi syuting dikabarkan berada di Garut, Jawa Barat. Belum diketahui pasti kapan film tersebut akan dirilis, namun saat ini masih digarap.

Baca Juga
Tinggalkan komen