Logo

Fenomena Blue Moon Akan Muncul Besok 30 Agustus 2023

Blue moon atau Bulan Biru merupakan salah satu fenomena bulan super atau bulan supermoon. Fenomena ini terjadi ketika terdapat supermoon kedua dalam satu bulan. Seperti pada bulan Agustus 2023, Bulan purnama biru akan terjadi besok pada tanggal 30 Agustus dan dapat di amati di wilayah Indonesia pada tanggal 31 Agustus 2023.

Dinamai “biru”, fenomena Blue Moon sama sekali tidak berhubungan dengan warna Bulan. Fenomena ini menandai terjadinya bulan purnama ke-13 dalam kurun satu tahun.Bulan purnama pada umumnya terjadi 12 kali dalam satu tahun, sesuai jumlah bulan dalam kalender. Namun, karena penghitungan astronomis, terdapat peluang muncul bulan purnama ke-13.

Menurut Badan Nasional Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Blue Moon hadir dan akan terjadi pada Rabu malam, 30 Agustus 2023 pukul 21.36 waktu AS bagian timur atau Kamis 31 Agustus pukul 08.36 WIB.

Blue Moon berwarna biru hanya terjadi dalam kondisi atmosfer tertentu. Misalnya setelah terjadinya letusan gunung berapi Krakatau yang masif pada 1884 silam yang membuat Blue Moon menjadi berwarna biru.

Asal-usul historis istilah Blue Moon juga terbagi menjadi dua definisi yang berbeda. Pertama Blue Moon musiman yaitu Bulan Purnama ketiga dari salah satu musim astronomis yang di dalamnya terjadi empat kali Bulan Purnama.

Blue Moon musiman terjadi lebih jarang dari pada Blue Moon bulanan, dalam 1100 tahun antara 1550 dan 2650, ada 408 Blue Moon musiman dan 456 Blue Moon bulanan. Kedua adalah Blue Moon bulanan, yakni Bulan Purnama kedua dari salah satu bulan di dalam kalender Masehi yang di dalamnya terjadi dua kali Bulan Purnama.

Blue Moon bulanan akan terjadi jika Bulan Purnama terjadi di sekitar awal bulan Masehi. Hal ini dikarenakan rata-rata lunasi sebesar 29,53 hari lebih pendek dibandingkan dengan 11 bulan dalam kalender Masehi. Meski demikian, baik Blue Moon musiman maupun bulanan terjadi kira-kira setiap dua atau tiga tahun sekali.