Logo

Faktualisasi SMSI Segera Dilakukan Dewan Pers

Pengurus SMSI dan Dewan Pers

Pengurus SMSI dan Dewan Pers

JAKARTA – Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) menindak lanjuti pendaftaran sebagai konstituen dewan pers. Pengurus SMSI Pusat didampingi perwakilan pengurus daerah kembali mendaftarkan 72 anggota baru SMSI ke dewan pers.

Sebelumnya, SMSI telah mendaftarkan kepengurusannya di 26 Provinsi dan 265 anggota perusahaan media Siber pada 8 September 2017.

“Saat ini seluruh anggota SMSI yang telah didaftarkan ke dewan pers, sebanyak 337 perusahaan yang tersebar di 27 Provinsi,” kata Ketua Umum SMSI, Auri Jaya, di gedung dewan pers, Senin (12/3/2018).

Auri mengatakan, pendaftaran ini merupakan tindak lanjut dari prioritas program SMSI yang diamanatkan Rakernas pada 26-27 Juli di Surabaya Provinsi Jawa Timur dan Rapimnas 10-12 Oktober 2017 di Provinsi Bangka Belitung.

Pengurus SMSI Pusat, lanjut Auri, akan terus mendorong kawan-kawan di daerah untuk membangun perusahaan pers yang sehat.

“Maka dari itu media siber diminta melengkapi seluruh persyaratan sebagai perusahaan pers, ” imbuh Auri.

Pendaftaran gelombang kedua ini dipimpin langsung oleh Ketua Umum SMSI Pusat, Auri Jaya (Direktur JPNN-red) didampingi Sekretaris Jenderal Firdaus (Teras Group) bersama rombongan kesekretariatan, Bendahara SMSI Provinsi Bengkulu, Erlan Oktriandi (bengkulunews.co.id),  SMSI Banten, Taufik Hidayat dan Yadi.

Rombongan diterima langsung oleh Hendri Ch Bangun, Wakil Ketua Bidang Pendataan didampingi Rita Sitorus, Kepala Bidang Pendataan dan Verifikasi Media di Sekretariat Gedung Dewan Pers Lt. 8 Jl. Kebon Sirih No. 34-35.

Dalam kesempatan itu, mewakil dewan pers, Hendri Ch Bangun, meminta SMSI tidak hanya mendaftarkan organisasinya secara administratif, tetapi juga harus di verifikasi secara faktual.

“Nantinya faktualisasi itu kita ambil sampelnya dari berbagai wilayah. Indonesia Barat, Indonesia Tengah dan Indonesia timur. Untuk itu, kami minta pengurus SMSI di daerah dapat menunjukkan kantornya tempat pusat beraktifitas para pengurus,” pungkas Hendri.

Ditempat yang sama, Rita Sitorus, menyampaikan, terhitung Selasa hingga Rabu (19-20/3), pihaknya akan menyelesaikan verifikasi berkas-berkas SMSI.

“Kami minta seluruh SMSI se-Indonesia agar mencantumkan alamat jelas dan lengkap, agar kami dapat segera melakukan faktualisasi organisasi,” ujarnya.

Terakhir Rita menyampaikan agar pengurus mengirimkan data base seluruh pengurus dan alamat lengkap kantor di seluruh Indonesia.