Logo

Dua Ekor Beruang Teror Warga

Ridi Sismanto

SELUMA, bengkulunews.co.id – Kemunculan dua ekor beruang sekaligus pada Selasa malam (18/4/2017) di Desa Padang Pelawi, Kecamatan Sukaraja, membuat warga seperti diteror ketakutan. Apalagi binatang itu mencul dipemukiman.

“Warga mengalami ketakutan, apalagi kemunculanya dikandang sapi belakang rumah, membuat sapi menerobos berhamburan keluar kandang,” kata Kepala Desa Padang Pelawi, Ridi Sismanto, Rabu (19/4/2017).

Kejadian ini langsung dilaporkan pada BKSDA Seluma agar segera dilakukan penanganan, tetapi kerangkeng yang ada saat ini tengah dipasang di kawasan Talang Sebaris yang juga dimaksudkan untuk menjebak beruang.

Pihak BKSDA sendiri berjanji akan segera melakukan survei lapangan dan memindahkan kerangkeng untuk menjebaknya.

Keresahan warga cukup beralasan, karena hingga sekarang sudah puluhan kali beruang menampakan diri dekat pemukiman. Sehingga warga yang biasa beraktivitas dikebun menjadi ketakutan diterkam.

“Menurut petugas BKSDA, bila dalam keadaan lapar dan sulit mendapatkan makanan, bisa saja beruang madu itu memangsa sapi atau ternak lainnya,” tambah Ridi.

Dugaan sementara, kemunculan beruang dikarenakan akibat adanya peremajaan perkebunan karet milik PTPN VII, sehingga habitat dan makananya terganggu dan terpaksa mencari makanan sampai kedekat pemukiman manusia.

Selain itu, adanya perambahan Taman Buru Semidang Bukit Kabu yang dibuka warga untuk ditanami kopi.