Logo

Dinkes Minta Mayarakat Waspada Penyakit Hepatitis “Misterius”, Gejalanya Mirip Covid-19

BENGKULU – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu meminta masyarakat untuk mewaspadai ancaman penyebaran virus hepatitis akut yang sudah masuk ke Indonesia. Meskipun saat ini Dinkes Provinsi Bengkulu belum menerima laporan kasus hepatitis misterius itu.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni, mengatakan penyakit tersebut banyak ditemukan pada anak-anak. Penyakit ini memiliki gejala yang hampir sama dengan gejala covid-19, penyebarannya juga melalui pernafasan dan pencernaan.

“Ciri-cirinya, diare, mual muntah, lemas, dan demam hampir mirip dengan covid. Kalau gejala lanjutan, timbul warna kuning, itu salah satunya,” kata Herwan pada Bengkulunews.co.id siang ini, Selasa (10/05/22).

Herwan mengaku menteri kesehatan sudah memberikan himbauan kepada seluruh kepala dinas kesehatan diseluruh Provinsi, untuk memberitaukan informasi tersebut kepada masyarakat untuk waspada.

Ia meminta agar masyarakat melakukan pencegahan sejak dini, dengan cara mengkonsumsi makanan yang matang, dan tidak menggunakan alat makan yang sama dengan orang lain yang berasal dari luar daerah.

Dinkes mengimbau masyarakat untuk terus tertib dalam mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan dan jaga jarak.

“Pencegahannya, mematuhi protokol kesehatan agar tidak menyebar, semoga dijakarat tidak menyebar ke kota lain, kita sudah punya imun juga jadi hanya perlu waspada,” demikian Herwan.