Logo

Desa Sido Sari Raih Juara Terbaik 1 Tertib Adminduk 2019

Bengkulu – Desa Sido Sari Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma raih Juara Terbaik 1 dalam Lomba Desa dan Kelurahan Kategori Tertib Administrasi Kependudukan se Provinsi Bengkulu Tahun 2019. Pengahargaan ini diraih untuk kedua kalinya

Bupati Seluma H Bundra Jaya mengatakan prestasi yang diraih oleh Kepala Desa Sido Sari dan perangkatnya selama dua tahun berturut-turut patut diaprsiasi karena telah mengharumkan nama daerah.

“Apresiasi saya sampaikan kepada Kepala Desa beserta perangkat dan juga masyarakat Desa Sido Sari yang telah bekerjasama mewujudkan Tertib Administrasi Kependudukan (Adminduk) sehingga mengharumkan nama Kabupaten Seluma,” kata Bupati.

Pemberian piagam penghargaan dan hadiah berupa uang pembinaan sebesar Rp7,5 juta serta Note Book ini langsung diserahkan oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah pada saat rangkaian memperingati HUT Provinsi Bengkulu ke-51 yang digelar di halaman Kantor Gubernur, Senin (18/11/19).

Rasa syukur dan gembira diucapkan Kepala Desa Sido Sari, Sumardi karena desanya kembali meraih juara 1. Dia mengatakan untuk mempertahankan sebagai desa terbaik sebagai desa tertib Administrasi Kependudukan membutuhkan komitmen dan kesungguhan mulai dari perangkat desa hingga masyarakat. Dan juga pembinaan dari Dinas Dukcapil.

“Terima kasih atas bimbingan dan pembinaan yang dilakukan oleh Jajaran Dinas Dukcapil Kabupaten Seluma sehingga Desa Sido Sari terus dapat mengembangkan inovasi-inovasi dalam pelayanan administrasi kependudukan,” sampai Sumardi.

Atas prestasi tersebut, Dinas Dukcapil Kabupaten Seluma juga ditetapkan sebagai Juara II terbaik tingkat Provinsi dalam melakukan pembinaan. Penghargaan diterima langsung oleh Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Seluma Hj Irzani.

Untuk diketahui, pada 2019 Tim Pilot Project Desa/Kelurahan Tertib Adminduk Dinas Dukcapil Kabupaten Seluma telah melaksanakan pembinaan di 56 Desa/Kelurahan binaan. Di Tahun 2020 target Desa Pilot Project Tertib Adminduk sebanyak 84 Desa/Kelurahan.

Adapun keunggulan Desa Sido Sari sehingga meraih juara 1 yakni, originalitas inovasi dan mampu menerapkan pemanfaatan data penduduk secara tepat guna dengan inovasi pelayanan Monalisa, Arsip digital dan kartu register yang terintegrasi dengan aplikasi dan rumah penduduk serta 100 persen capaian dokumen kependudukan. (Adv)