Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Dempo Beri Gagasan Sumber Pendapatan Daerah yang Tak Terbatas

BENGKULU – Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu, Dempo Xler memberi gagasan baru terkait sumber pendapatan daerah di Provinsi Bengkulu. Menurutnya, seni dan budaya bisa dioptimalkan menjadi sumber pendapatan.

Salah satu seni dan budaya Provinsi Bengkulu yang dianggap memiliki kekuatan untuk menambah pamsukan daerah ialah Dol. Dempo menganggap alat musik ini bisa menjadi pendapatan pasti.

“Nanti ke depan menjadi sumber income daerah, bagaimana pemerintah, DPR dan Esksekutif berpikir bahwa kebudayaan dan seni menjadi sumber PAD,” ujarnya.

Dempo mencontohkan Provinsi Bali yang dianggap bisa menjadikan budayanya sebagai sumber pendapatan daerah. “Contoh Bali, tidak punya sumber daya alam, tidak punya batu bara, tapi dia maju, kenapa? Karena dia menjual budaya dan seni, menjual nilai budaya,” katanya.

WhatsApp Image 2023 12 03 at 13.56.10

Ia menyebut sumber daya seni dan budaya merupakan sumber daya daerah yang tidak terbatas. Status ini membuat seni dan budaya menjadi sumber pendapatan pasti yang tidak terbatas.

“Batu bara ada habisnya, sawit ada musimnya, tapi seni dan budaya tidak ada batas ruang dan waktunya, sumber income pasti untuk kemajuan sebuah daerah. Bengkulu saya lihat punya potensi lebih besar dari Bali,” ujar Dempo.

Dempo mengatakan, Bengkulu memiliki banyak potensi yang jauh lebih baik dari Provinsi Bali. Seperti, hutan, air terjun, danau dan pantai panjang. Jika dikolaborasikan dengan seni dan budaya, hal ini bisa menjadi aset yang bernilai.

“Nah ini mesti menjadi bahan berpikir, bagaimana kebijakan publik untuk memajukan Provinsi Bengkulu,” demikian Dempo. (Advetorial)

Baca Juga
Tinggalkan komen