Logo

Cegah Corona Penumpang Masuk Curup Diperiksa

REJANG LEBONG – Mengantisipasi penyebaran Virus Corona Covid-19, seluruh penumpang yang memasuku wilayah Kabupaten Rejang Lebong diperiksa di Pos Pantau Kesehatan perbatasan Curup-Kota Lubuk Linggau.

Menurut Kadishub. Rejang Lebong, Rahman Yuzir, pendirian pos dilakukan karena tidak maksimalnya pos kesehatan di Terminal Tipe A Simpang Nangka.

“Kendaraan travel dan mobil pribadi tidak masuk terminal, sehingga didirikanlah pos pantau perbatasan,” katanya, Jumat (27/03/2020).

Di pos pantau seluruh penumpang diharuskan turun untuk pendataan, riwayat perjalanan, diperiksa kesehatanya dan kendaraanpun disemprot disinfektan.

Bagi penumpang yang berasal dari daerah epicentrum penyebar corona, datanya akan diberikan pada pihak Dinkes Rejang Lebong agar dilakukan pemantauan. Sejauh ini tidak terdapat warga yang melebihi suhu 36 derajat.

Petugas pos pantau berasal dari anggota Dishub. Rejang Lebong, Satpol PP, Polsek Padang Ulak Tanding, Dinkes, Koramil dan kecamatan, serta disiagakan 1 unit ambulance.

Joni, petugas pos pantau perbatasan mengungkapkan akan minimnya perlengkapan kesehatan, petugas kesehatan tidak dilengkapai APD standar, hingga extra puding. Sehingga lebih rentan tertular.

“Padahal kami tidak mengetahui kondisi sebenarnya penumpang, dan riwayat merekapun berasal dari wilayah epicentrum Corona,” tutupnya.

Penulis: Dedi R