Logo

BKKBN Pusat Apresiasi Kinerja Pemprov Bengkulu Turunkan Angka Stunting

BENGKULU – Wakil Gubernur (Wagub) Bengkulu Rosjonsyah yang juga sebagai ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Provinsi Bengkulu terus fokus terhadap penanganan angka stunting di Provinsi Bengkulu.

Salah satunya yaitu mendukung target Pemerintah Pusat yang menargetkan prevalensi stunting (turun) hingga 14 persen dan target provinsi Bengkulu mencapai satu digit bahkan zero stunting.

Hal tersebut disampaikan Wagub Rosjonsyah saat membuka diskusi penanganan penurunan stunting di ruang Rapat Rafflesia Provinsi Bengkulu bersama Sekertaris Utama BKKBN Pusat Tavip Agus Rayanto, Jumat, 12/01.

“Semua upaya yang kita lakukan ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas penurunan stunting baik di kabupaten kota maupun 8 kabupaten kota lainnya,” ujar Rosjonsyah.

Mantan Bupati Lebong dua periode ini juga menyampaikan, Pemprov Bengkulu telah memaksimalkan semua kegiatan rembuk stunting sebagai wadah diskusi untuk menangani permasalahan yang dihadapi dalam percepatan penurunan stunting.

“Semua program bisa berjalan dengan baik, tapi sinergi dan kolaborasi antar instansi serta masyarakat untuk mencapai tujuan percepatan penurunan stunting juga harus terealisasi,” jelas wagub.

Kegiatan ini menjadi forum peduli stunting yang melibatkan pemerintah, perguruan tinggi, pelaku usaha, media, dan lembaga swadaya masyarakat, bertujuan membangun koordinasi yang baik antar instansi untuk mencapai hasil yang optimal,” tambah Wagub Rosjonsyah.

Selain itu, menurut Wagub Rosjonsyah, dalam rangka mencapai target zero stunting, dapat digelar diseminasi hasil audit kasus stunting serta mengkaji hasil audit tersebut menjadi dasar diskusi antar pihak terkait untuk merumuskan strategi lanjutan dalam menurunkan kasus stunting di provinsi Bengkulu.

“Semoga pencapaian provinsi Bengkulu dalam menurunkan stunting bisa tercapai. Tidak hanya 18.84%. Kita harapkan turun kembali. Setidaknya tidak jauh dari target nasional. Kerja sama semua pihak sangat kita harapkan dalam mencapai target tersebut,” papar Rosjonsyah.

Selain itu, senada yang disampaikan Wagub Rosjonsyah, Tavip Agus Rayanto, mengapresiasi kinerja optimal pemerintah provinsi Bengkulu dalam penurunan dan pencegahan stunting

“Kami menyampaikan terima kasih atas kerja keras bapak Rosjonsyah dan semua Satgas Stunting provinsi Bengkulu dalam upayanya menurunkan angka persentase stunting, tidak mudah memang cuma ini menjadi tugas kita bersama. Dan provinsi Bengkulu salah satu yang terbaik dalam penurunan stunting,” tutup Tavip.