Logo

Bendungan Jebol, Areal Persawahan Padang Segarau Kekurangan Air

BENGKULU TENGAH – Bendungan sepanjang yang berada di Desa Sukarami Kecamatan Taba Penanjung jebol. Akibatnya 125 hektar di areal persawahan Padang Segarau terancam gagal panen.

Ketua Kelompok Petani Pengguna Air (KP2A), Wasir mengatakan, bendungan ini rusak akibat hujan deras yang melanda Bengkulu Tengah pekan lalu. Kejadian ini menyebabkan air yang melewati saluran irigasi terputus.

Untuk sementara petani mengakali kebocoran bendungan dengan cara mengumpulkan batu dan sejumlah karung berisi pasir. Namun usaha tersebut tidak banyak membantu.

“Air yang masuk ke saluran irigasi sekarang kering karena langsung menuju sungai,” katanya pada bengkulunews.co.di, Senin (30/01/2023).

Wasir mengatakan, irigasi ini melewati areal persawahan di tiga desa yakni Sukarami, Durian Demang dan Desa Dusun Baru. Jika kondisi ini tidak segera dibenahi maka padi yang baru saja ditanam satu bulan lalu terancam gagal tumbuh.

“Kita baru tanam. Usia padi sekarang kurang lebih satu bulan,” ungkapnya.

Ia berharap pemerintah segera mengambil langkah untuk membantu para petani agar tidak mengalami kerugian.

“Kalau dibiarkan bisa gagal. Nanti stok beras bisa kurang karena biasanya satu kali panen bisa mencapai ratusan ton,” demikian Wasir.

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.