Beberapa Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Mengurangi Nyeri Haid

Beberapa Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Mengurangi Nyeri Haid

Ilustrasi. BN

Sebagian perempuan masih merasakan sakit atau nyeri pada perut saat menghadapi siklus menstruasi.

Kebanyakan membuat mereka malas beraktivitas namun hal tersebut tidak membantu meredakan nyeri haid.

Lalu hal apa saja yang dapat membantu perempuan dalam meredakan nyeri haid? Simak penjelasan berikut :

1. Minum air putih

Pada saat siklus menstruasi, perut cenderung kembung dan membuat rasa tidak nyaman. Meminum air putih dalam jumlah banyak, dapat membantu mengurasi rasa kembung dan juga mengurangi sakit atau nyeri saat haid. Terlebih jika meminum air putih hangat, dapat membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Serta mengendurkan otot-otot yang sedang berkontraksi, akibat siklus haid.

2. Berolahraga

Walaupun badan lemas akibat nyeri yang dirasakan saat haid, ada baiknya jika tetap melakukan kegiatan seperti olahraga untuk mengurangi rasa sakit. Saat berolahraga tubuh akan melepaskan endrofin yang dapat mengelola rasa nyeri saat haid, serta membantu tubuh tetap aktif dan memungkinkan aliran darah mengalir dengan lancar. Beberapa olahraga kecil dapat dilakukan seperti berlari, berjalan dan lainnya.

3. Minum teh

Meminum teh juga dapat mengurangi rasa nyeri saat haid loh. Hal tersebut dikarenakan teh kayu manis memiliki sifat anti-spasmodik yang dapat membantu mengurangi resiko rasa sakit pasa saat haid. Selain itu jika mengkonsumsi teh jahe, makanzat anti-inflamasi yang terkandung di dalamnya dapat berfungsi mengurasi rasa sakit.

4. Mandi air hangat

Mandi menggunakan air hangat juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri atau kram pada perut. Air hangat dapat merileks otor perut, sehingga meningkatkan aliran darah dan mengurangi ketegangan. Hal lain lagi yang lebih mudah adalah menggunakan bantal penghangat yang dapat diletakkan pada bagian perut, supaya dapat mengurangi rasa nyeri. Bantal penghangat juga praktis sehingga bisa dibawa tidur.

5. Konsumsi vitamin D

Selain beberapa hal diatas yang tidak kalah penting untuk mengurangi rasa nyeri haid, adalah mengkonsumsi vitamin D. Fungsi vitamin D sendiri untuk membantu tubuh menyerap kalsium dan mengurangi peradangan. Selain itu vitamin D juga dapat membantu mengurangi produksi prostaglandin yang muncul pada saat siklus haid, yakni penyebab timbulnya rasa nyeri ketika menstruasi.

Baca Juga
Tinggalkan komen