Bengkulu News #KitoNian

Adly, Atlet Catur Persiapkan Diri Sebelum Playoff di Bandung

BENGKULU – Manager Atlet Catur Adly sekaligus Sekum di Kepengurusan Catur, Haryono menuturkan bahwa saat ini Adly tengah mempersiapkan diri untuk maju dalam laga Playoff di Bandung pada tanggal 25 November 2023.

Playoff sendiri merupakan pertandingan untuk menentukan atlet mana yang akan masuk dalan kejuaraan PON (Pekan Olahraga Nasional) Aceh – Sumut 2024.

“Adly sudah mulai latihan di Sekilah SMP Negeri 1. Latihan teori catur baik babak pembukaan, tengah maupun akhir,” kata Haryono saat diwawancarai Bengkulunews.co.id Rabu (15/11/23) siang.

Adapun saat ini latihan yang dilakukan oleh Adly adalah menggunakan program catur komputer, secara berjenjang. Latihan tersebut dilakukan setiap hari sampai menjelang keberangkatannya ke Playoff pada tanggal 24 November nanti.

Setidaknya Adly harus melatih diri minimal tiga jam sehari, bahkan Ia menuturkan alangkah baiknya bisa berlatih hingga delapan jam perhari. Tentunya waktu tersebut diselang seling dengan kegiatan Adly lainnya.

“Kalau bisa delapan jam sehari. Namun delapan jam sehari itu tidak berturut-turut, misal siangnya tiga jam, sorenya dua jam dan malamnya tiga jam lagi. Seperti itu,” jelasnya.

Manager Atlet Catur Adly sekaligus Sekum di Kepengurusan Catur, Haryono
Manager Atlet Catur Adly sekaligus Sekum di Kepengurusan Catur, Haryono

Menurutnya Adly memiliki peluang yang sangat terbuka, ditambah atletnya tersebut telah menunjukkan kemampuan serta kualitasnya pada level Sumatera. Sehingga hal tersebut menbuat kepercayaan diri Adly meningkat.

Tidak hanya itu lewat latihan tersebut Adly diharapkan semakin memahani teori-teori catur. Ia menambahkan walau dengan kesibukkan yang cukup padat, Adly tetap konsisten meluangkan waktunya untuk berlatih. Bahkan latihan yang dilakukan selalu berada pada level sulit dan membuat dirinya semakin termotivasi.

Haryono juga menegaskan kepada Adly selama masa latihan untuk tidak bermain catur dengan sembarang orang, karena akn sangat berpengaruh bagi pola fikirnya. Ia juga berharap Adly bisa lolos dari babak Playoff dan menuju PON Aceh – Sumut 2024.

“Kita juga membatasi Adly untuk tidak bermain catur dengan sembarang orang. Karena bisa merusak persiapan Adly, misal Dia bermain dengan temannya yang level di bawah. Itu tidak boleh, karena akan menyebabkan kemampuan berfikir akan mengikuti level lawannya. Nah dia harus lebih berfikir kerasnya dengan kondisi terbaik. Harapannya Adly bisa lolos Playoff, menuju PON Aceh – Sumut 2024,” demikian Haryono.

Baca Juga
Tinggalkan komen