Logo

63 Desa di Kaur Sekarang Punya Perpustakaan

bengkulunews.co.id – Perkembangan sarana dan pra sarana bacaan di Kabupaten Kaur cukup mengagumkan dengan banyak berdirinya outlet bacaan atau taman bacaan dan perpustakaan.

Tercatat, hingga saat ini sebanyak 63 desa di 15 kecamatan di Kabupaten Kaur sudah berdiri perpustakaan atau taman bacaan. Pendirian perpustakaan tersebut dilakukan sejak tahun 2008 hingga 2016. Bekerjasama dengan Kantor Perpustakaan Provinsi Bengkulu.

“Di Masjid Agung Al Kahfi, SMA Pentagon dan SMKN 7 Merdeka Kaur sekarang juga tersedia taman bacaan,” kata Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kaur Ujang Syafiri, S.Pd, S.Ip.

Untuk meningkatkan minat baca bagi masyarakat Kaur, khususnya para pelajar, kantor perpustakaan terus berinovasi dalam menyukseskan program. Seperti adanya kupon berhadiah uang tunai sebesar Rp 150 ribu, khusus para pelajar. Kupon itu diundi per triwulan dan diambil sebanyak lima pemenang.

“Kita lakukan sebagai rangsangan dan demi peningkatan mutu, agar minat anak-anak untuk membaca semakin meningkat, yang pada akhirnya nanti akan gemar membaca,” tutur Ujang Syafiri.

Setiap harinya kantor perpustakaan juga rutin keliling menggunakan dua mobil perpustakaan ke 193 desa se-Kabupaten Kaur. Setiap dua desa nantinya diberikan penjaman buku dengan tempo selama 21 hari. Selanjutnya staf kantor perpustakaan akan mereturn buku-buku yang dipinjamkan.

“Itu semua dilakukan Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah guna mencerdaskan anak-anak Kaur. Kita berharap ke depan akan terwujud masyarakat dan pelajar yang gemar membaca,” pungkasnya. (123)