Logo

1.260 Peserta Lulus SNMPTN UNIB

KOTA BENGKULU – Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Universitas Bengkulu (UNIB) Alimansyah menyebutkan, sebanyak 1.260 orang, dinyatakan lulus dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018 pada (17/4/2018).

“SNMPTN sudah diumumkan, dari 9.260 pendaftar, 1.260 orang diterima dan 8000 orang  tersingkir,” beber Alimansyah di ruang kerjanya pada Jumat (20/4/2018).

SNMPTN, jelas dia, merupakan seleksi perguruan tinggi yang penilaiannya berdasarkan hasil rapot dan prestasi calon mahasiswa, pengisian dan verifikasinya telah dimulai dari (13/1/2018) lalu.

Menurut dia, bagi peserta yang tidak lolos jalur SNMPTN, jangan langsung berkecil hati, karena tahun ini, UNIB membuka tiga jalur penerimaan mahasiswa baru selain SNMPTN, yaitu Seleksi Bersama masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN).

“Selain SNMPTN, untuk S1 saat ini yang sedang berjalan SBMPTN, seleksinya lewat tes yang dibagi menjadi dua tahap serta satu lagi yaitu SMMPTN atau jalur mandiri,” imbuhnya.

Tes SBMPTN akan dimulai 8 Mei mendatang, dengan waktu pelaksanaannya selama dua hari,  peserta harus melewati tes tulis dan ujian keterampilan, serta hasilnya akan diumumkan pada 3 Juli 2018.

Sambil menunggu pengumuman SBMPTN, pada bulan Juni, barulah jalur SMMPTN dibuka.

“Sistem perhitungan kita, SNMPTN 30%, SBMPTN nanti 30% , dan SMMPTN 30% juga, sisa 10%nya dikembalikan ke SNMPTN dan SBMPTN  kalau peserta yang daftar ulang kurang, kuotanya bisa dialihkan ke SMMPTN, nanti totalnya 100% juga” jelas Alim.

Jumlah keseluruhan calon mahasiswa yang bakal diterima UNIB pada tahun ajaran 2018 ini, jelasnya lagi, penerimaan tersebut berdasarkan acuan dari setiap Program Studi (Prodi) dan SK Rektor.

“Kuota S1 yang diterima Unib tahun ini 4.196 orang, kalau D3 dan ekstensi yaitu 610 orang, tapi diluar tiga jalur itu,” tutup Alimansyah.