Logo

Wagub Resmikan PLPBK dan Program Kota Tanpa Kumuh

bengkulunews.co.id – Wagub Bengkulu Rohidin Mersyah meresmikan Program Penataan Lingkungan Perkotaan Berbasis Komunitas (PLPBK) dan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Pemda Kota Bengkulu, di Halaman Persada Bung Karno Kota Bengkulu, (18/4).

Disampaikan Rohidin, program yang ada harus dilaksanakan secara berkesinambungan dan bersinergi antara program yang satu dengan program yang lain. Tak hanya itu, iapun meminta pemerintah kota untuk senantiasa memberikan bimbingan, arahan dan memberi solusi apa yang menjadi kebutuhan masyarakat.

Adapun Satker Kotaku Sarosa Agung Nugroho mengatakan, sebanyak delapan kelurahan di Kota Bengkulu mendapatkan bantuan dana Rp 1 miliar untuk program PLPBK. Akhir tahun 2015, 3 kelurahan kembali mendapatkan dana sebesar Rp 1 miliar. Sementara 7 kelurahan mendapatkan dana kolaborasi sebesar Rp 1,8 miliar.

“Semua dana itu dimanfaatkan untuk kegiatan meningkatkan kesejahteraan masyarakat seperti infrastruktur, bantuan rumah bagi rakyat miskin, pembangunan jalan dan program lainnya. Ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014, yaitu ada program pemerintah pusat yang dikucurkan ke daerah berupa bantuan rumah untuk masyarakat miskin dan membangun lingkungan perumahan yang aman, bersih dan rapi,” kata Satker.

Dalam kesempatan yang sama Walikota Bengkulu Helmi Hasan mengimbau kepada masyarakat untuk membuat Kota Bengkulu ini menjadi kota yang bersih, aman, beriman dan rapi. “Program bantuan rumah untuk rakyat miskin ini agar dipelihara, dibuat lingkungan yang bersih dan jaga sebaik-baiknya,” ucap Wali. (126)