Bengkulu #KitoNian

Timnas U23 Indonesia Batal Ikuti Piala AFF di Kamboja, Ini Alasannya

Foto Pelatih timnas U23 Indonesia Shin Tae-yong memberikan arahan kepada pemain pada laga uji coba melawan Tajikistan U23 di Republican Central Stadium Dushanbe, Selasa (19/10/2021) malam WIB.(DOK. PSSI)

JAKARTA – Timnas U23 Indonesia dipastikan batal mengikuti Piala AFF 2022 di Kamboja pada 14-26 Februari mendatang. Skuad Garuda urung berlaga lantaran diserang badai Covid-19.

Pembatalan ini diumumkan langsung oleh PSSI, Jumat (11/02/2022). Berdasarkan pernyataan PSSI, ada dua alasan yang membuat timnas Indonesia batal mengikuti Piala AFF U23 2022.

Pertama, sebanyak tujuh pemain timnas U23 dan satu ofisial dinyatakan posistif Covid-19. Pemain yang positif Covid-19 adalah Ronaldo Joybera R Junior, Muhammad Ferrari, Braif Fatari, Taufik Hidayat, Irfan Jauhari, Ahmad Figo Ramadhani, dan Cahya Supriyadi

Selain itu empat pemain yakni Alfeandra Dewangga, Genta Alparedo, Muhammad Kanu Helmiawan, dan Marcelino Ferdinan sedang menjalani isolasi.

Alasan kedua, tiga pemain Timnas U23 masih mengalami cidera saat memperkuat klubnya di pertandingan liga 1. Gunansar Mandowen, Ramai Rumakiek, dan Muhammad Iqbal disebut belum pulih.

Saat ini hanya tersisa satu orang kiper, yakni Muhammad Riyandi. Namun, Riyandi baru saja menjalani karantina selama 10 hari. Satu kiper lainnya, yakni Cahya Supriyadi juga positif covid-19.

Menyikapi hal ini, pelatih Indonesia, Shin Tae-yong mengirim surat resmi kepada federasi dan mengusulkan untuk membatalkan keikutsertaan Indonesia di Piala AFF U-23. Permintaan Shin Tae-yong ini kemudian direspons oleh PSSI.

“Dengan sangat menyesal, kami harus membatalkan keikutsertaan Indonesia di Piala AFF U-23 karena alasan di atas. Kami meminta maaf kepada semua pihak karena situasi ini di luar kendali kami,” kata Sekjen PSSI, Yunus Nusi, dikutip dari laman resmi PSSI.

“Saat ini kami fokus untuk penyembuhan pemain yang terkena covid-19 dan yang mengalami cedera,” ujar Yunus Nusi.

Baca Juga
Tinggalkan komen