Logo

Tetap Waspada, Cuaca Ekstrim Masih Berpotensi Terjadi di Bengkulu

BENGKULU – Masyarakat di Provinsi Bengkulu diimbau waspada bencana alam seperti banjir, longsor dan pohon tumbang, khususnya warga yang tinggal di daerah rawan terjadi bencana.

Sebab potensi cuaca ekstrem seperti hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang masih akan terjadi hingga beberapa hari ke depan di hampir seluruh wilayah Provinsi Bengkulu.

Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Fatmawati Soekarno Bengkulu Zen Putri menyebut, perkiraan cuaca untuk seminggu ini cukup signifikan. Hujan deras merata akan terjadi di Provinsi Bengkulu.

“Jadi perkiraan cuaca untuk seminggu ini ya cukup signifikan. Dari sejak sekarang sampai tanggal 2 September nanti hujan deras akan mengguyur hampir di seluruh Provinsi Bengkulu. Kita imbau warga tetap waspadai terjadi banjir khususnya warga yang tinggal di daerah rawan bencana,” ungkap Zen Putri, Senin (29/8).

Dijelaskan Zen, potensi hujan deras tersebut sebab aktifnya suplai uap air di Provinsi Bengkulu dan kelembaban udara serta belokan angin dan konvergensi karena ada sirkulasi siklonik yang ada di sekitar wilayah Sumatera.

Selain hujan deras, Zen menyebut gelombang tinggi juga berpotensi terjadi sangat signifikan. Ketinggian gelombang di seluruh perairan Bengkulu mencapai 5 meter lebih.

“Untuk gelombang terutama hari ini hingga besok itu sangat signifikan di seluruh perairan Provinsi Bengkulu, mulai dari perairan Bengkulu, perairan Enggano, perairan Sumatera Hindia Barat Daya Bengkulu itu lebih dari 5 meter,” ujarnya.

Diimbau kepada nelayan dan warga yang tinggal di sekitar pantai untuk menghentikan dahulu aktivitasnya di laut karena gelombang laut yang tinggi.