Logo

Tak Ada Dokter, Ratusan Warga ”Ngungsi” ke Kabupaten Tetangga

Foto Ilustrasi dokter. Foto Istimewa

SELUMA, bengkulunews.co.id – Ratusan warga Desa Gunung Kembang Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma, kesulitan berobat. Pasalnya, sejak tiga tahun terakhir dokter di puskesmas di daerah itu habis kontrak.

Akibatnya, warga setempat yang ingin berobat mesti ke Kabupaten Bengkulu Selatan, dengan jarak tempuh sekira 46 kilometer (km).

”Jika sakit ringan, warga mendapat pelayanan dari perawat senior dan bidan desa. Kalau sakit berat, Puskesmas hanya mampu memberikan rujukan untuk berobat ke dokter,” kata Kepala Desa Gunung Kembang Kecamatan Semidang Alas Maras, Hapikin, Kamis (2/11/2017).

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma, Chaidir Muchtar mengatakan, dari 22 puskesmas di wilayah ini delapan diantaranya tidak memiliki dokter umum.

Seperti, puskesmas Desa Penago II, Ilir Talo, Ulu Talo, Rena Gaja Mati I, Muara Maras, Gunung Kembang, Talang Tinggi dan Suka Merindu.

”Dokter enggan bertugas lantaran sulitnya akses di Kabupaten Seluma dan pendapatan masih rendah,” jelas Chaidir.

Pada tahun 2018, kata Chaidir, pihaknya akan mengusulkan ke TAPD intensif dokter atau kontrak dokter, yang dibiayai dari APBD Kabupaten Seluma. Dimana insentif dokter tersebut, diusulkan antara Rp5 juta hingga Rp7,5 juta per bulan, diluar penghasilan resmi.

”yang terakhir meminta izin pindah tugas ke Bekasi Jawa Barat dokter umum, yang bertugas di Puskesmas Talang Tinggi. Wajar saja dalam sebulan di daerah itu bisa memperoleh pendapatan hingga Rp12 juta, diluar gaji,” tutup Chaidir.