Logo

Steam, Dota dan CS Bakal Dibuka Lagi, Pendaftaran PSE dalam Proses

Dota dan Counter Strike

Dota2.com Counter Strike

JAKARTA – Steam, Dota dan Counter Strike bakal dibuka kembali oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Kabar ini menyusul telah dilakukannya korespondensi ketiganya dengan Kominfo.

Dirjen Aptika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan berharap dalam waktu dekat ini aplikasi tersebut dapat dibuka kembali di Indonesia setelah melakukan pendaftaran.

“Mereka sedang proses mudah-mudahan dalam waktu dekat mereka bisa melengkapi. Sehingga masyarakat pengguna game bisa memainkan kembali,” ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, dikutip CNBC Indonesia, Minggu (31/7/2022).

Sebelumnya, Steam, Dota dan Counter Strike masuk ke dalam tujuh aplikasi yang dblokir pemerintah. Ketujuhnya yakni Yahoo Search Engine, PayPal, Epic Games, Steam, game DOTA, game CS, dan Origin (EA).

Namun aplikasi Paypay diberikan keringan dengan pembukaan akses sementara agar pengguna dari Indonesia memiliki waktu untuk mengganti layanan atau mengambil saldo di dalamanya.

“Ada 7 aplikasi yang diblokir, dan per pagi tadi kami sedang membuka PayPal untuk memberikan waktu ke masyarakat melakukan migrasi. Sehingga sekarang ada 6 yang masih diblokir,” katanya.

Namun demikian, hingga kini PayPal belum menjalin komunikasi dengan pemerintah. Sementara, untuk Yahoo, Epic Games dan Origin, pemerintah masih membuka peluang bagi mereka agar bisa menjadi bagian dari ekonomi digital RI.

“Itu kira-kira yang bisa saya sampaikan garis bawahnya adalah manfaatkan masa pembuka sementara agar yang benar-benar namanya ini bisa dilakukan mindahin dananya mau mencari solusi yang lain,” katanya.