Logo

Siswa Raih UN Tertinggi Akan Mendapat Bonus

CURUP, bengkulunews.co.id – Dinas Pendidikan Kabupaten Rejang Lebong akan memberikan bonus uang kepada pelajar SMA dan sederajat yang meraih nilai ujian nasional tertinggi di daerah ini.

Kepala Dinas Pendidikan Rejang Lebong, Zakaria Effendi mengatakan, para siswa peraih UN tertinggi tahun ini akan mendapat bonus guna meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Besaran `reward` pada siswa berprestasi ini akan diberikan berbeda-beda untuk tingkat SMA sederajat peraih UN tertinggi pertama akan mendapatkan `reward` berupa uang tunai sebesar Rp 12 juta, tertinggi kedua Rp 10 juta, dan tertinggi ketiga Rp 8 juta,” katanya.

Bonus pelajar berprestasi itu, katanya, selain diberikan kepada kalangan pelajar SMA dan sederajat, juga akan diberikan kepada pelajar SMP dan sederajat dengan besaran peraih nilai tertinggi pertama uang tunai Rp 10 juta, tertinggi kedua Rp 8 juta, dan tertinggi ketiga Rp 6 juta. Untuk pelajar SD dan sederajat, peraih nilai tertinggi pertama Rp 8 juta, terbaik kedua Rp 6 juta, dan tertinggi ketiga Rp 4 juta.

Untuk itu, adanya bonus tersebut setidaknya dapat membantu biaya pendidikan para pelajar guna meneruskan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

“Selain itu `reward` ini juga diharapkan dapat menjadi penyemangat pelajar untuk meraih nilai UN tertinggi dengan jalan banyak belajar dan mengikuti pelajaran tambahan atau kursus lainnya,” kata Zakaria.

Menurut dia, pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) pada 4-6 April mendatang, kata dia, baru bisa dilaksanakan di dua sekolah, yakni SMA Negeri 1 Curup Timur dan SMK Negeri Curup Timur.

Kedua sekolah itu dinilai sudah layak melaksanakannya, selain sudah ada sarana dan prasarana pendukung, seperti perangkat komputer berikut jaringan internet. Sekolah itu juga sudah melaksanakan uji coba ujian nasional berbasis komputer.Untuk sekolah lainnya, masih akan melakukan ujian nasional dengan menggunakan lembaran jawaban komputer. (120)