Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Sekda Bersama Forkopimda Tinjau Posko Pengamanan di Pantai Panjang dan Pantai Jakat

BENGKULU – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bengkulu didampingi Kadinkes Susilawaty, Kalaksa BPBD Selupati serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melakukan silaturahmi dan kunjungan ke posko pengamanan lebaran Idulfitri 1442 H Tahun 2021 di pantai panjang dan pantai zakat, Rabu (12/5/2021).

Dalam kunjungannya, Arif mengatakan tujuannya ingin melihat langsung situasi dan kondisi posko keamanan, seperti perlengkapan untuk antigen, pemeriksaan suhu dan berbagai kesiapan lainnya menjelang idulfitri.

“Semua perlengkapan akan selalu kita perhatikan dan mengingatkan petugas untuk menegur masyarakat dengan cara yang humanis apabila ada yang tidak menerapkan prokes. Maksudnya ialah menjelaskan ke masyarakat bahwa ketentuan ini sudah menjadi ketentuan nasional, jadi harus dituruti apabila hendak melakukan kegiatan,” ungkap Arif.

Pesan Arif, dirinya meminta petugas untuk mensosialisasikan dan mengajak masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Terus sosialisasikan prokes, jangan sampai masyarakat abai. Kita boleh beraktifitas tapi harus sesuai dengan ketentuan seperti menggunakan masker, jaga jarak dan lainnya,” tambah Arif.

Sementara itu, Kadinkes Susilawaty mengungkapkan kesiapan dari petugas menjelang idulfitri.

“Pelayanan kesehatan tetap menjadi prioritas apa lagi kondisi saat ini masih pandemi Covid-19. Para masyarakat yang sedang berkunjung ataupun yang membutuhkan pelayanan kesehatan menjelang idulfitri tidak usah takut karena tim dari kita (Dinkes) siap siaga di posko dan untuk rumah sakit, baik itu pemerintah atau swasta sudah kita imbau agar melayani segala kebutuhan masyarakat apa lagi misalnya ada kecelakaan dan harus segera diberikan pertolongan pertama,” jelas Susilawaty.

Susilawaty juga mengungkapkan ada beberapa puskesmas standby 24 jam melayani masyarakat diantaranya puskesmas Muara Bangkahulu, Beringin Raya, Betungan dan beberapa puskesmas lainnya tetap melayani pada jam biasanya diantaranya puskesmas Jalan Gedang, Sukamerindu, serta beberapa puskesmas sepanjang jalan poros dan pos induk dinkes.

Terakhir, apabila terjadi kerumunan pihak dinkes melalui petugas posko pengamanan akan memberi teguran dan melakukan tes antigen secara acak untuk mengetahui ada yang terpapar atau tidak. Hal ini sebagai upaya dalam memutus rantai penyebaran Covid-19.

Selain itu, untuk memompa semangat para petugas, pihak Polres melalui persatuan Bhayangkari memberikan bingkisan untuk para petugas yang berjaga di posko. (MC)

Baca Juga
Tinggalkan komen