Logo

Satu Anggota Polri Gugur dalam Kontak Tembak di Kiwirok

PAPUA – Kontak Tembak antara TNI Polri dengan Kelompok Kriminal Bersenjata terjadi di wilayah Kiwirok, Pegunungan Bintang Papua, Minggu (26/9/2021) sekira pukul 05.15 WIT. Kejadian ini mengakibatkan gugurnya salah satu anggota Polri Alm Anumerta Bharatu Muhammad Kurniadi Sutio.

Kejadian berawal saat terdengar suara tembakan dari arah depan Polsek Kiwirok pukul 14.50 WIT yang disebabkan oleh KKB Ngalum Kupel Pimpinan Lamek Alipki Taplo. Sehingga Satgas Tindak Nemangkawi melakukan pembalasan dengan diawali membuka perimeter oleh 2 personil salah satunya Alm Bharatu M Kurniadi.

Saat membuka perimeter terdapat tembakan yang menyebabkan peluru mengenai arteri ketiak kanan Bharatu M Kurniadi kemudian diketahui KKB tersebut melompat ke jurang dan melarikan diri.

Korban dilindungi dan dievakuasi untuk diberi penanganan medis, sementara tim melakukan steling dan standby di pos masing-masing mengantisipasi adanya serangan kembali dari KKB Ngalum Kupel Pimpinan Lamek Alipki Taplo.

“Dukacita yang mendalam atas gugurnya Personil Polri Anumerta Bharatu Muhammad Kurniadi Sutio,” ucap Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Cahyo Sukarnito S.I.K, M.KP dalam keterangannya.

Pukul 07.16 WIT, helikopter Polri tiba dan mendarat di bandara Distrik Kiwirok guna mengevakuasi korban menuju Oksibil. Selanjutnya pukul 09.45 terbang menuju Jayapura.

Saat ini jenazah berada di RS Bhayangkara Polda Papua untuk dilakukan visum dan disemayamkan, sembari menunggu keputusan dari keluarga perihal pemakaman almarhum. (rls)