Bengkulu #KitoNian

Rosjonsyah Terima Kunjungan Mantan Gubernur Jabar, Bahas Soal Investasi Kopi

BENGKULU – Wakil Gubernur (Wagub) Bengkulu Rosjonsyah menerima audiensi mantan Gubenur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Kamis (23/06/2022). Kunjungan kerja Heryawan ini membahas soal investasi Kopi Bengkulu.

Rosjonsyah mengatakan, investasi Kopi Bengkulu diharapkan mampu membuat petani kopi sejahtera. Selain itu, investor luar juga berperan dalam mengenalkan produk kopi Bengkulu.

“Yang pertama kita harapkan adalah petani kopi sejahtera. Untuk itu investor dari luar agar kiranya ikut berperan dalam mengenalkan kopi Bengkulu semakin terkenal,” jelas Wagub.

Saat ini, kata Rosjonsyah, kopi Bengkulu pernah meraih 3 prestasi di ajang kopi internasional Perancis (AVPA). kopi Bengkulu saat ini juga menempati urutan kelima di skala nasional. Varian kopi Sumatera yang ada di Bengkulu memiliki potensi kopi yang menjanjikan.

“Sinergi antara pemerintah, pengusaha, dan petani akan menjadi kunci sukses untuk meningkatkan kualitas kopi Bengkulu. Pemerintah juga harus mulai mengambil kebijakan ekspor melalui pelabuhan terbesar di Bengkulu, yaitu Pulau Baai,” jelas Rosjonsyah.

Sementara Ahmad Heriyawan mengatakan, bahwa potensi kopi Bengkulu sangat menjanjikan. Apalagi di pasaran sekarang, kopi Bengkulu memiliki cita rasa yang khas, yang berbeda dari varian yang ada.

“Kami datang langsung dari Bandung ingin mengecek secara langsung di perkebunan kopi yang ada di Bengkulu. Jadi kita akan membawa beberapa contoh hasil jadi dan membawa sampling biji kopi. Nanti para investor akan diarahkan untuk ikut berperan memeperkenalkan kopi dari provinsi Bengkulu,” kata Kang Aher sapaan akrabnya. (Adv)

Baca Juga
Tinggalkan komen