Logo

Ribuan Rumah di Kabupaten Ini Tidak Layak Huni

SELUMA, bengkulunews.co.id – Plt. Kepala Dinas (Kadis) Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PKP) Kabupaten Seluma, Ramlan Efendi mengatakan, sekira empat ribu rumah tidak di Seluma, tidak layak huni.

Ribuan rumah itu tersebar di 14 kecamatan. Hal tersebut ditandai dengan kondisi rumah dalam keadaan rusak, sempit, serta tidak memiliki sumber air bersih.

”Bangunan yang tidak permanen dan minim pencahayaan matahari serta ventilasi udara,” kata Ramlan, Jumat (25/8/2017).

Ramlan menyampaikan, pada tahun ini pihaknya telah mengajukan ke Kementerian Perumahan untuk mendapatkan bantuan. Sebab, kata dia, anggaran dari pemerintah daerah (pemda) terbatas.

”Kita mengusulkan ke Kementerian Perumahan, setidaknya bantuan itu dapat disalurkan secara bertahap untuk 500 kepala keluarga, pada 2018,” jelas Ramlan.

Usulan tersebut, terang Ramlan, telah memiliki kelengkapan secara administrasi. Meskipun demikian, pada tahun ini perehaban rumah tidak layak huni sudah berjalan sebanyak 224 unit. Rinciannya, di Kecamatan Sukaraja sebanyak 41 unit dan Talo sebanyak 183 unit.

Untuk mendapatkan bantuan pun, sampai Ramlan, dari perangkat desa mesti membuat proposal. Lalu, tim dari Dinas PKP, Bappeda, serta Pemerintah Kecamatan mensurvei lokasi sekaligus menentukan titik koordinat rumah yang akan diberikan bantuan.

”Bantuan bedah rumah nilainya bervariasi. Untuk rumah dengan kondisi rusak berat mendapatkan bantuan Rp15 juta, rusak sedang Rp10 juta dan rusak ringan Rp7,5 juta,” ujar Ramlan.