Logo

Ratusan Personil Polresta Bengkulu Dikerahkan Amankan Pilkada Mendatang

Ratusan Personil Polresta Bengkulu Dikerahkan Amankan Pilkada Mendatang

BENGKULU – Seluruh jajaran Kepolisian di Indonesia akan melaksanakan pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2024 nanti, semenjak pendaftaran calon peserta Pilkada. Terkhusus Polresta Bengkulu akan mulai melakukan pengamanan pada saat penetapan calon peserta Pilkada.

“Khusus di Kota Bengkulu, Kita akan mulai pengamanan itu pada saat penetapan calon peserta Pilkada, jadi nanti di bulan September, ” ujar Kombes Pol Deddy Nata.

Ia juga mengatakan akan ada 400 personil yang menjadi kekuatan Polresta untuk pengamanan dalam beberapa kegiatan, yaitu mulai dari penempatan calon, kampanye, sampai penetapan hasil keputusan Pilkada Nanti.

“Untuk kekuatan personil polresta yang kita pergunakan sejumlah 400 personil, yaitu untuk keseluruhan yang akan ada pengaman beberapa kegiatan, tahapan-tahapannya mulai dari penetapan calon, lalu lanjut kampanye, sampai penetapan hasil Keputusan dari hasil suara nanti, ” lanjut Deddy.

Deddy juga menjelaskan terkait tahapan-tahapan tersebut sudah dipersiapkan dalam rencana pengamanan Pilkada Serentak pada Tahun 2024 serta 2025, yang akan saling berkoordinasi dan merapatkan kembali bersama pihak Pemerintah Kota, KPU, Bawaslu, dan lainnya mulai dari tahapan penetapan calon.

“Tahapan-tahapan ini kita sudah persiapkan dalam rencana pengamanan Pilkada serentak Tahun 2024 dan nantinya di Tahun 2025, serta nanti saling berkoordinasi dengan Pemerintah Kota, KPU, Bawaslu, dan yang lainnya,” lanjut Deddy.

Serta Polresta Bengkulu menerima anggaran sebesar 3 Miliyar untuk melakukan serta menjalankan pengamanan Pilkada Serentak tersebut salah satunya dana logistik termasuk didalam anggarannya.

“Kami menerima jumlah dana itu 3 miliyar, kami pergunakan untuk pengamanan karena pengamanan ini panjang, makanya butuh biaya yang besar, itu nanti juga di sambung pada tahun 2025, serta pengaman logistik itu juga sudah termasuk dalam anggaran,” tutup Deddy.