Logo

Puluhan Relawan Disiapkan untuk Bantu Pemulasaran Jenazah Pasien Covid-19 Kota Bengkulu

KOTA BENGKULU – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bengkulu menyiapkan 40 relawan yang akan bertugas sebagai pengurus jenazah pasien Covid-19. Para relawan ini akan memliki tugas pemulasaran jenazah yang meninggal dunia saat menjalani isolasi mandiri.

Kadinsos Rosminiarty mengatakan tindakan ini dilakukan karena adanya permintaan dari rumah sakit di Kota Bengkulu yang kewalahan dalam pemulasaran jenazah Covid-19.

“Kami telah merekrut 40 relawan, dan dibagi menjadi 4 tim. Semua kesiapan sudah dimatangkan dalam melakukan tindakan ini,” ujar Rosminiarty dilansir dari Media Center Kota Bengkulu, Jumat (9/7/2021).

Para relawan yang direkrut dari karang taruna, tagana dan pemuda ini akan dibekali pelatihan pemulasaran jenazah Covid-19. Relawan juga akan dilengkapi alat pelindung dan pendampingan dari Dinas Kesehatan.

“Dinkes akan membantu alat, dana dan lain-lain. Sedangkan kami hanya menyediakan tenaga, mulai dari karang taruna, Tagana dan juga relawan-relawan,” sampai Rosminiarty.

Rosminiarty menegaskan bahwa para relawan ini hanya melakukan pemulasaran bagi pasien Covid-19 yang meninggal dunia saat menjalani isolasi mandiri di rumah. Ia berharap, dengan dibentuknya tim pemulasaran bisa memudahkan kegiatan pemulasaran dan pelaksanan pemakaman bagi masyarakat yang melakukan isolasi mandiri,

“Insya allah dengan adanya tim ini bisa memudahkan kegiatan pemulasaran ataupun pemakaman,” pungkasnya. (red)