Logo

Polsek Seluma Ringkus Pelaku Spesialis Pembobol Rumah

Seluma – RZ (30), warga Desa Lubuk Lagan, Kecamatan Seluma Barat, Provinsi Bengkulu, gembong spesialis bobol rumah berhasil diringkus Tim Opsnal Satreskrim Polsek Seluma, Kamis kemarin (13/6/2019) sekitar pukul 01.01 WIB.

Pelaku terpaksa didor karena berusaha kabur dan melawan petugas saat penangkapan berlangsung.

Pelaku yang telah ditetapkan sebagai DPO sejak 2018, itu diketahui keberadaannya dari informasi masyarakat.

Sebelumnya pelaku sempat kabur dan bersembunyi di Jakarta.

Sepulangnya dari Jakarta, pelaku diketahui keberadaannya di salah satu rumah kosan di Jalan Hibrida, Kota Bengkulu.

Tim Opsnal yang mengetahui tempat pelaku bersembunyi langsung bergerak dan melakukan penangkapan.

Pelaku yang tahu polisi datang berusaha kabur. Akhirnya polisi melepaskan tembakkan dan peluru panas menerjang kaki DPO

“Pelarian DPO ini terhenti setelah personel menembak pelaku setelah yang bersangkutan berupaya kabur dari penangkapan,” ujar Kapolres Seluma Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) I Nyoman Mertha Dana SIk melalui Kasat Reskrim Ajun Komisaris Polisi (AKP) Rizka Fadhilah.

Kasat Reskrim mengatakan hasil penyidikan RZ melakukan aksi pencurian bersama empat rekannya. Keempat rekanya itu saat ini masih dalam pemburuan petugas.

“Semuanya satu komplotan dengan tersangka. Semoga dengan tertangkapnya RZ ini, kita dapatkan informasi keberadaan empat rekannya tersebut,” ujar Kasat.

Tersangka bersama empat rekanya telah melakukan pencurian di lima TKP yakni di Puskesmas Babatan, Kecamatan Sukaraja, mereka berhasil menggasak dua unit Laptop merk Accer.

Kemudian Sekretariat Kukerta UNIB di Desa Tumbuan, Kecamatan Lubuk Sandi, mereka menggasak satu unit Kamera Samsung, satu unit Laptop merk Lenovo dan 1 unit Handpone merk Asus.

“Di Sekretariat Kukerta UNIB di Desa Lunjuk, Kecamatan Seluma Barat, mereka menggasak satu unit Laptop merk Accer dan satu unit Handpone merk Iphone 8, dan di rumah Bidan Desa Talang Tinggi, Kecamatan Seluma Barat, mengambil satu unit Laptop merk Accer,” imbuh Kasat.

Di rumah warga Desa Lubuk Lagan, Kecamatan Seluma Barat, yang merupakan tetangga tersangka sendiri, mereka menggasak satu unit Hanpone merk Oppo A37.

“Semua barang tersebut sudah kami jual, Pak. Hasilnya kami bagi berlima. Lalu uangnya kami gunakan untuk foya-foya dengan mabuk dan sebagian untuk membeli kebutuhan kami,” ucap RZ saat di BAP penyidik.

Penulis : A.Zen/Redaksi