Logo

Tidak ada tag populer ditemukan hari ini.

Pesan Pj Walikota Saat Momentum Shalat Idul Fitri di Merah Putih

BENGKULU – Pj Walikota Bengkulu, Arif Gunadi menunaikan shalat Idul Fitri 1445 H di Masjid Merah Putih, Kota Bengkulu, Rabu (10/4/2024).

Dalam sambutannya sebelum shalat Ied, Pj Walikota Arif Gunadi mewakili Pemerintah Kota Bengkulu mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1445 H kepada para jamaah dan masyarakat Kota.

Dirinya juga berpesan, agar warga Kota Bengkulu tetap mempertahankan semangat ramadhan. Ramadhan melatih seseorang untuk bersabar menghadapi cobaan juga menumbuhkan sikap empati terhadap sesama.

Ramadhan juga membuat seseorang menjadi pribadi yang lebih bersyukur atas segala nikmat yang diberikan. Dalam kesempatan ini pula dirinya turut mengucapkan mohon maaf lahir dan batin atas segala kekhilafan dan kesalahan.

“Semoga apa yang kita lalui di Bulan Ramdhan bisa meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Atas nama pribadi, keluarga dan Pemerintah Kota Bengkulu saya mengucapkan Minal Aidin Wal faizin, mohon maaf lahir dan bathin,” kata Arif Gunandi.

Bertindak sebagai imam dan khotib adalah Prof. Dr. KH. Zulkarnain Dali, M.Pd, yang dalam khotbahnya menyampaikan bahwa di hari Idul Fitri seseorang fitrahnya menjadi pribadi baru yang bersih dan suci, dirinya juga menekankan pentingnya zakat bagi umat islam, karena tingkat keimanan tiap muslim juga bisa dinilai dari kesadarannya membayar zakat.

“Puasa ramdhan itu akan tergantung dilangit pahalanya sebelum zakat fitrah dilakukan, zakat fitrah sebagai pembersih harta, siapa yang membayar sebelum khatib naik mimbar maka itu zakat yang benar, siapa yang membayar zakat setelah khatib turun mimbar maka itu adalah sedekah biasa. Zakat adalah ibadah dengan harta, dan untuk itu, salah satu indikator iman setiap muslim adalah zakatnya. Melalui zakat kita bisa menolong kaum dhuafa, dan zakat juga menjauhkan seorang muslin dari sifat tamak dan rakus,” sampainya kepada para jamaah shalat Idul Fitri Masjid Merah Putih.

Adapun besaran zakat yang disalurkan di Masjid Merah Putih yaitu sebesar sebesar Rp. 1.464.000 dari 33 orang dan telah disalurkan ke 7 orang asnab masing-masing 210.000 yaitu 2 amilin dan 5 fakir miskin.