Logo

Peran Tomas dan Toga Sangat Penting Menjaga Kondusifitas Kamtibmas

Kepahiang – Kapolres Kepahiang AKBP Pahala Simanjuntak mengatakan peran aktif tokoh agama (Toga) dan tokoh masyarakat (Tomas) sangat mempengaruhi situasi Kamtibmas di suatu daerah atau wilayah.

“Peran Tomas dan Toga sangat strategis dalam mendinginkan suasana (cooling system) dan sangat penting dalam mencegah terjadinya perpecahan,” kata Kapolres saat acara silahturahmi Kamtibmas, di kediaman Ketua MUI Kabupaten Kepahiang, Jumat (21/6/2019).

Pahala juga menceritakan saat dirinya baru menjabat Kapolres Kepahiang. Dimana saat itu, kata Pahala, ada postingan masyarakat di salah satu Media Sosial yang bermuatan unsur SARA. Keadaan itu dapat diredam berkat koordinasi yang baik antara Toga dan Tomas sehinggan dapat diselesaikan secara arif dan kekeluargaan.

“Berkat koordinasi yang baik dengan semua Toga dan Tomas, akhirnya peristiwa tersebut dapat diredam dan diselesaikan sehingga tidak menjadi viral,” tutur Kapolres.

Kapolres berharap selain peran aktif untuk Kamtibmas Toga dan Tomas juga tetap selalu menjaga kebersamaan dan bersinergi bersama Polrses Kepahiang.

“Inilah tujuan dari kunjungan ini, selain meningkatkan tali silahturami Polres Kepahiang dengan Toga dan Tomas juga dalam rangka meningkatkan peran serta masyarakat memelihara Kamtibmas sekaligus menyambut HUT Bhayangkara ke 73,” ujar Kapolres.

Sementara Kepala Kemenag Kabupaten Kepahiang, Mulya Hudori sangat mendukung Polres kegiatan Kepahiang menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif. Dia menyebut agar kebersamaan dan sinergi yang selama ini sudah terjalin dengan baik akan semakin baik lagi.

“Kami mendukung semua kegiatan Polres Kepahiang terkhusus dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif,” ujarnya.

Penulis : Redaksi