Logo

Peran Media Massa Sangat Penting dalam Tatanan Kehidupan Baru

Bengkulu – Kepala Dinas Kominfosan Kota Bengkulu Eko Agusrianto menyebut peran media massa sangat penting dan strategis dalam memberikan informasi kepada masyarakat seperti upaya penanganan dan tatanan kehidupan baru atau disebut ‘New Normal’ di tengah Pandemi Covid-19.

Hal itu dikatakan Eko saat memberikan materi pelatihan peningkatan kapasitas jurnalis tentang Covid-19, di Aula Kodim 0407 Bengkulu, Minggu (7/6/20).

Dalam tatanan kehidupan normal yang baru, kata Eko, media harus  harus aktif mengedukasi masyarakat termasuk dalam mengawal pelaksanaan protokol kesehatan.

“Sebagai corong dan sarana komunikasi masyarakat, peran media sudah terbukti jelas sangat dibutuhkan dalam memberikan informasi kepada khalayak luas,” sampai Eko.

Terlebih, lanjut Eko, di tengah pandemi Covid-19 media masa harus memberikan informasi yang akurat, akuntabel, terpercaya dan transparan. Tujuannya, agar masyarakat memahami tujuan informasi yang disebarluaskan.

“Dimasa pandemi ini, saya berharap semua media massa memberikan infomasi kepada masyarakat sesuai kebutuhan, mulai dari memberitakan pentingnya pemahaman Covid-19 dan lain-lain. Informasi seperti inilah yang dibutuhkan masyarakat agar masyarakat memahami pentingnya penanganan Covid-19,” pungkas Eko.

Untuk itu, dia menegaskan bahwa media harus saling bersinergi agar tidak menimbulkan ketakutan yang berlebihan di tengah masyarakat. Juga sekaligus mengedukasi pentingnya pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Media harus menyampaikan hal-hal positif yang bersifat membangun, mengedukasi masyarakat. Seperti memberitahu bahwa pemerintah, kelompok komunitas, instansi swasta dan lainnya sama-sama berperan dalam menangani Covid-19 di Kota Bengkulu. 

Dia mencontohkan tujuan pembagian mie dan beras oleh Pemerintah Kota Bengkulu untuk masyarakat. Dia mengatakan hal itu sebagai upaya agar masyarakat tetap di rumah. Sehingga penyebaran Covid-19 tidak berjalan secara massif.

“Hal seperti inilah yang harus kita bangun agar semua pihak termotivasi ingin ikut serta memerangi,” pungkasnya.

Disisi lain, Eko juga menyampaikan peran strategis media dalam penerapan kehidupan new normal. Dia berharap menyambut kehidupan new normal peran media guna memberikan informasi yang bersifat mendidik bagi masyarakat berjalan.

“Untuk itu kita harus bersama-sama saling bersinergi dalam berbagai hal sebagai upaya membangun kembali sektor ekonomi kita,” tutup Eko mengakhiri.(red)