Logo

Pemprov Bengkulu Luncurkan Sistem TTE dan Srikandi, Apa Fungsinya?

BENGKULU – Pemerintah Provinsi Bengkulu luncurkan sistem TTE dan Srikandi di Gedung Pola Setda Provinsi Bengkulu, Selasa (21/3).

Staf Ahli Gubernur Bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan Supran mengatakan, hadirnya Tanda Tangan Elektronik (TTE) dan Aplikasi Srikandi (Sistem Kearsipan Dinamia Terintegrasi) ini memudahkan dalam pengajuan dokumen-dokumen maupun kearsipan.

“Sistem aplikasi ini akan diterapkan secara keseluruhan agar kinerja ASN semakin meningkat. Dan masyarakat juga dapat merasakan manfaatnya seperti efektivitas, efisiensi di birokrasi, kemudian berdampak pada terciptanya pelayanan publik yang lebih baik,” ujar Supran usai acara.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfo) Provinsi Bengkulu Redhwan Arif menyampaikan, TTE bermanfaat guna efisiensi waktu untuk perolehan dokumen yang ditandatangani, dan juga praktis karena dapat diakses melalui smartphone.

“TTE mempunyai kekuatan hukum setara dengan tanda tangan basah, keamanan identitas diri terjamin dan dilindungi kerahasiaannya,” terang Redhwan.

Sementara itu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu Meri Sasdi menyampaikan Aplikasi Srikandi mengubah tata kelola persuratan dan kearsipan lebih efektif dan efisien. Dalam aplikasi Srikandi, setiap informasi berbasis analog dan digital akan dapat terekam dengan baik sehingga nantinya akan menjadi bukti akuntabilitas dan memori kolektif bangsa.

“Jadi, ke depan dokumen ataupun arsip tidak perlu lagi dicetak karena sudah berbasis digital, dan tentu sudah menghemat biaya untuk cetak,” terang Meri Sasdi.

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.