Logo

Pemkot Berikan Reward pada Anggota Paskibra 2023

BENGKULU – Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota BENGKULU tahun 2023 menerima reward dari Pemerintah Kota.

Reward yang diserahkan secara simbolis oleh Pj Walikota Bengkulu, Arif Gunadi bersama sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kepada anggota Paskibraka tahun 2023.

Dra. Fenny Fahrianny, Plt. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bengkulu menyampaikan, bahwa reward yang diberikan Pemkot berupa tabungan pendidikan dengan nominal masing-masing Rp4 juta kepada 30 anggota Paskibraka 2023. Nantinya, tabungan tersebut akan ditransfer ke rekening penerima melalui Bank Bengkulu.

“Kita sudah mengadakan kegiatan pembagian reward Paskibraka tahun 2023. Sebanyak 30 orang anak, dimana masing-masing mendapat rewad sebesar Rp4 juta rupiah,” ucap Fenny pada bengkulunews.co.id, Rabu (13/03/2024)

Tambah Fenny, nominal reward tersebut sama dengan reward yang diberikan kepada Paskibraka Provinsi Bengkulu tahun 2023.

Ia menyebut, nominal tersebut relatif lebih tinggi jika dibandingkan dengan kabupaten lain yang ada di Bengkulu.

Misalnya dengan Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) yang memberikan reward kepada Paskibraka sebesar Rp2 juta, dan Kabupaten Rejang Lebong sebesar Rp3 juta.

“Nominal reward yang diberikan oleh Pemkot kepada petugas Paskibraka tahun 2023 setara dengan nominal reward petugas Paskibraka Provinsi 2023,” tambahnya.

Lanjut Fenny, untuk pelatih dan pembina juga akan mendapatkan reward, namun saat ini masih dalam proses penganggaran.

“Saat ini reward yang diberikan hanya untuk anak-anak sekolah yang berpartisipasi dan bertugas menjadi paskibraka 2023 lalu. Untuk pelatih dan pembina juga akan mendapatkan reward. Namun, untuk saat ini masih dalam proses sistem penganggaran,” ujar Fenny.

Untuk diketahui, nominal reward ini masih belum sesuai dengan reward yang dulu dijanjikan Walikota Bengkulu, Helmi Hasan pada agustus 2023 lalu. Dimana pihaknya menjanjikan reward kepada 30 anggota Paskibraka berupa ibadah umrah ke Tanah Suci Mekkah.

Hadiah tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi Wali Kota Bengkulu terhadap anggota Paskibraka yang telah memberikan yang terbaik dalam momen sakral untuk Bangsa Indonesia dari Kota Merah Putih.

Diketahui sebelumnya Banggar DPRD kota Bengkulu sudah menyetujui anggaran Rp800 juta untuk pemberian reward Paskibraka beserta pelatihnya dalam APBD Perubahan Pemerintah Kota Bengkulu bulan November tahun anggaran 2023.

Rencananya anggaran Rp800 juta tersebut akan digunakan untuk umrah atau disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan Paskibraka. Bisa juga untuk beasiswa atau untuk kunjungan ke luar daerah.