Logo

PCR Siap, Tim Akan Ambil Sampel Secara Random

Bengkulu – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni menyebut alat PCR atau polymerase chain reaction untuk mendiagnosis penyakit COVID-19 di RSUD M Yunus besok dilakukan uji coba pemeriksaan sampel. Setelah berjalan, maka tim akan lebih agresif melakukan pelacakan pada tracing cluster yang diprediksi menimbulkan infeksi baru.

“Besok kita sudah uji coba pemeriksaan dan finalisasi proses dan alur kerja. Mudah-mudahan Selasa kita sudah mulai lakukan pemeriksaan,” kata Herwan, Minggu (17/5/20).

Dia mengatakan pemeriksaan akan dilakukan secara bertahap. Sebab proses ini baru pertama kali dilakukan.

Saat ini alat yang tersedia ada 2 yakni, PCM (alat seperti microskop dengan menggunakan catridge) dan PCR (dengan menggunakan reagen).

“Tahap pertama dimulai dengan pemeriksaan 20 hingga 50 sampel, jika sudah berjalan akan ditingkatkan karena kapasitas alat dapat mencapai 100 sampel perhari. Bahkan selanjutnya bisa lebih, sebab kita miliki 2 alat yang dapat digunakan untuk pemeriksaan sampel,” terangnya

Kemudian menurut Herwan, kedepan tim dapat memperbanyak melakukan pemeriksaan sampel secara meluas ke kabupaten/kota. Bahkan mengembangkan penyelidikan secara epidemiologi dengan pengambilan sampel secara random pada kelompok berpotensi penularan.

Dengan demikian, maka nanti dapat dianalisa kondisi riil kasus Covid-19 secara sesungguhnya di Provinsi Bengkulu.

“Kedepan dapat dilakukan rapid dan pengambilan sampel pada kelompok resiko, termasuk untuk masyarakat yang berada atau beraktivitas di tempat umum, seperti pasar, terminal, jalanan, swalayan, ataupun mall mall,” pungkas Herwan.(okd)