Logo

Menuju Bengkulu Maritim, Pemkot & Pemprov Siap Bersinergi

Pulau Tikus, Destinasi Wisata Juga Tambang Emas Nelayan

bengkulunews.co.id – Pulau kecil dengan air yang jernih mengelilingi, terumbu karang di perairannya tampak dari permukaan. Letaknya tak jauh, sekitar 9 mil dari Kota Bengkulu. Udaranya yang sejuk, pemandangan indah dan memberi pengalaman tersendiri saat snorkeling ataupun mancing. Pulau Tikus namanya memang cukup unik, namun keindahannya orang bilang ini pecahan surga.

Potensi maritim di pesisir barat sumatera itu seolah tak ada habisnya jika dipaparkan, kekayaan sumber daya lautnya juga potensi wisatanya. Masyarakat hendaknya menjaga lingkungan serta ekosistem, dan habitat satwa. Seperti yang dilakukan Pemprov dan Pemkot Bengkulu, pada Minggu 10 April 2016 lakukan penanaman mangrove juga meletakan bio reeftech.

“Kita melakukan ini bersama Pemkot Bengkulu, sebagai kepedulian pemerintah terhadap lingkungan. Masyarakat juga harus turut menjaga,” ujar Gubernur usai menanam mangrove di hamparan pasir putih Pulau Tikus bersama stakeholeder dan juga Pemkot. Minggu (10/4)

Gubernur menjelaskan bahwa potensi Pulau Tikus sangat menjanjikan sebagai destinasi wisata, kendati harus dilakukan pembangunan dan pembenahan pada sejumlah lokasi. Tak hanya potensi wisata saja, di sekitar perairan Pulau Tikus juga menjadi habitat komoditas laut bernilai tinggi. Pemanfaatannya bisa diperuntukkan bagi nelayan Bengkulu. Seperti jaring apung untuk pembesaran lobster dan budidaya komoditas lainnya.

Menanggapi hal itu, wakil Walikota Patriana Sosialinda yang juga hadir di Pulau Tikus mengatakan, siap bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Bengkulu. Fokus pada potensi maritim, dirinya yakin bahwa Bengkulu punya potensi besar menjadi poros maritim Indonesia. Laut Bengkulu ia nilai sangat kaya potensi sumberdaya-nya juga wisatanya.

“Untuk gagasan dan program kemajuan demi kesejahteraan, tentunya pemerintah Kota Bengkulu siap bersinergi. Tentunya bersama-sama masyarakat, mari jaga laut lingkungan kita, mari manfaatkan potensi laut dan wisata ini,” ungkap wawali yang juga betah snorkeling saat di Pulau Tikus, hari Minggu itu.

Saat itu, di Pulau Tikus juga banyak wisatawan lokal, menghabiskan waktu bersama keluarga dan juga rekan. Menikmati pasir putih yang indah, bebatuan karang, serta air laut yang biru dan tenang disajikan oleh Pulau Tikus. Tanpa suasana bising dan hirukpikuk, dijamin Anda akan melupakan sejenak permasalahan kuliah atau pekerjaan. (122)